Optimalisasi Peran Majlis Taklim Dalam Pendidikan Dan Pembangunan

Pola pendidikan daring yang dilaksanakan pada masa pandemi corona saat ini menguatkan bagaimana peran orangtua  yang seharusnya  dalam dunia pendidikan. Pendidikan menjadi prasyarat dan berperan penting dalam pembangunan bangsa karena pendidikan merupakan indikator maju atau mundurnya suatu bangsa.

 

 

Dalam Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 yakni, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana   untuk mewujudkan  suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif  mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Pembelajaran online dengan memanfaatkan beragam fasilitas internet, baik whatsapp, zoom, google meeting dan yang lainnya tetap memiliki berbagai kekurangan karena tidak adanya kontak fisik dan pemantauan yang jelas, maka disinilah peran orangtua dalam mendidik putra putrinya di lingkungan rumah dengan suasana yang kondusif dan menyenangkan. Lingkungan rumah yang baik dari orangtua tentu dapat membantu peningkatan kecerdasan emosional, spiritual dan kecerdasan inteletual anak.

 

 

Pentingnya peran orangtua dalam pendidikan ini juga menjadi fokus dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat  (PKM) yang dilakukan oleh Dosen Universitas Pamulang program Studi manajemen.  Pada kegiatan  ini menggunakan pendekatan ceramah dan diskusi yang mengacu pada fenomena pendidikan di lingkungan rumah . Lokasi kegiatan pada masyarakat di komplek perumahan Pamulang Lestari Residence Pamulang Barat Tangerang Selatan dan berlangsung pada awal bulan Maret 2020 tepat sebelum diberlakukannya School from Home.

Ketua           : Nurismalatri, SEI, MM – prodi manajemen
Anggota      : Yuga Pratama, S.Kom, MM – prodi manajemen
                        Siti Aisyah Nurrizqi  rahmadania, S. Ip, MM
                        Djoko Prasetyo, SE, MM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *