KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Si APIK Dalam Pembuatan Laporan Keuangan UMKM Rumah Pemberdayaan Masyarakat Tangerang Selatan

Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) pada para pelaku Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (IMKM) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Tangerang Selatan yang bernaung pada Rumah Pemberdayaan Masyarakat. Para Dosen serta Mahasiswa melakukan penyuluhan kepada UMKM (SAK-EMKM) mengenai standar keuangan yang baik dan profesional serta melakukan pelatihan dan pendampingan tentang cara termudahnya dalam mengolah aktivitas pengelolaan laporan keuangan secara digital melalui aplikasi SI APIK.

SI APIK (Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) merupakan aplikasi keuangan yang ditawarkan Bank Indonesia untuk pelaku UMKM dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan yang berlandaskan standar akuntansi keuangan UMKM (SAK-EMKM). Dengan teknik keunggulannya yaitu ’single entry’yang sudah mewakili ‘double entry’ menjadikan aplikasi ini mudah digunakan dan dipahami oleh pelaku UMKM yang tidak memiliki basic pendidikan akuntansi. Selain itu, tersedianya aplikasi tersebut pada handphone mempermudah pelaku UMKM dalam menginput transaksi ekonominya.

Kegiatan PKM tersebut diimplementasikan dalam 5 (Lima) tahapan yaitu (1) sosialisasi PKM, (2) Sosialisasi SAK EMKM (3) peningkatan kompetensi, (4) pendampingan (5) monitoring dan evaluasi. Kegiatan pendampingan ini dipandu oleh dosen-dosen Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang;  Suharna, S.E., M.M., Raden Ai Lutfi Hidayat, S.E.,M.E. Juitania, S.Pd.,M.Pd., I Gede Adi Indrawan, S.ikom. , M.M dan Andri Sjaputra, S.E., M.M. Para Tim Dosen melakukan kegiatan sosialisai program dan pendampingan dalam memasukkan data-data manual yang dimiliki oleh para pengusaha UMKM dimulai dari tanggal 24 Februari 2020 sampai dengan tanggal 28 Februari 2020, para pelaku UMKM memasukkan semua data transaksi harian mulai dari pengeluaran ongkos produksi, bahan baku, beban operasional hingga hasil penjualan, para pelaku UMKM dapat menganalisa apakah usahanya untung atau rugi yang terlihat pada laporan laba rugiKegiatan sosialisasi Standar akuntansi keuangan entitas mikro kecíl menengah diharapkan dapat bekerja sama atau mendapat dukungan penuh dari pihak Bank Indonesia selaku creator dari SI APIK ini dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) selaku sponsor dan pembuat Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah.

Kegiatan tim pengabdian masyarakat dilakukan secara terukur dan proses monev untuk mengukur ketercapaian target dan luaran yang menjadikan pelaku UMKM menjadi disiplin dalam melakukan pembukuan laporan keuangannya, dan terciptanya wirausaha yang akuntable.

Sumber: akuntansi.unpam.ac.id
Penulis: Juitania, S.Pd.,M.Pd.