Pembinaan Kapasitas Dosen Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Dosen yang Berdampak pada Peningkatan Peringkat Perguruan Tinggi

Pamulang – Sabtu, 08 Februari 2020. Universitas Pamulang lakukan pembinaan Dosen yang berpendidikan S3 dan dosen memiliki jabatan fungsional Lektor serta Lektor Kepala. Kegiatan pembinaan dihadiri oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Rektor , para wakil Rektor, Para dekan, para Kaprodi dan para pimpinan lembaga.

Wakil Rektor 2 Dr. Subarto, M.Pd membuka kegiatan pembinaan. “Pertemuan ini terdiri dari Teman-teman dosen yang sudah bergelar Doktor dan memililiki JAD Lektor dan Lektor Kepala. Ini merupakan perkumpulan Dosen berpendidikan Doktor dan memiliki JAD Lektor dan Lektor Kepala guna untuk tujuan kita dalam mencapai visi misi lembaga untuk mencapai  40 besar di tingkat nasional. Saat ini ada 129Jumlah Doktor, Lektor dan Lektor Kepala.

Dengan Doktor, 5 berjafung Lektor Kepala,  27 berjafung Lektor dan 8 yang mesih berjafung Asisten Ahli. Serta ada  36 yang masih berstatus Tenaga Pengajar. Sementara dosen S2 berjafung Lektor Kepala ada 4 dan Yang lektor ada 49 serta yang Asisten Ahli ada 649. Semantara Yang Tenaga Pengajarada  1205 dosen” Papar Pak Warek 2.

Ketua Yayasan Sedang Memberikan Sambutan

 

Ketua Yayasan Sasmita Jaya memberikan sambutan. “Kita berharap bapak ibu bisa membantu lembaga dalam rangka mencapai target-target yang dibutuhkan lembaga  dalam rangka memberikan sumbangsih kepada lembaga untuk menjadi lembaga terbaik. Dan ini wajar. Tentu harus kita sikapi bersama. Terutama regulasi-regulasi dan parameter-parameter untuk mencapai tujuan lembaga.

Kami ucapkan terimakasih kepada pimpinan yang telah mendukung lembaga untuk mencapai 40 besar nasional. Kami dari pihak Yayasan berupaya untuk memenuhi apa yang menjadi kewajiban yayasan. Mulai sarana perkuliahan, kita sudah ada peningkatan-peningkatan yang lebih baik. Kita sudah bangun perpustakaan yang bagus dan ruang telekonferensi yang baik. Kita menyikapi regulasi yang dibuat pemerintah.

Di sisi lain, kita harus mengelola dan mengkondisikan lingkungan yang bertolak belakang dengan peraturan pemerintah. Karena visi yayasan cenderung melihat kondisi lingkungan dengan keprihatinan masyarakat yang ingin sekolah, namun kurang secara finansial. Seperti jika daftar mahasiswa diterima banyak, maka nilainya kecil. Sebaliknya, jika diterima sedikit maka nilainya besar. Padahal, Kita ingin memberikan kesempatan bagi semua. Kita berupaya semua potensi yang ada. Bagi dosen yang berpedidikan S3 dan berjafung lektor, Lektor Kepala, akan diberikan penghargaan atas pencapaian dan perjuangan yang dicapai. Semoga semangat dosen untuk lanjut S3 semakin bertambah. Dan selalu berupaya mewujudkan kesejahteraan semakin meningkat secara bertahap” Ungkap Pak Ketua Yayasan.

Rektor Sedang Memberikan Sambutan

 

Sambutan dilanjutkan oleh Rektor Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. “Kami ucapkan terimakasih bagi dosen yang sudah hadir dalam rangka pembinaan dosen untuk merangkai tujuan yang sama menuju visi misi Unpam mencapai 40 besar. Diantaranya harus ada beberapa variabel yang  harus diperjuangkan. Salah satunya, Minimal  35 % yang sudah doktor dan yang dihitung Lektor Kepala ke atas. Oleh karen itu, pimpinan berdiskusi dan berdialog dengan yayasan terkait hal tersebut. Untuk mencapai doktor, butuh perjuangan yang panjang. Begitu juga untuk memiliki JAD Lektor,  Lektor Kepala dan Guru Besar.

Alhamdulillah kami rumuskan bahwa  dosen bergelar Doktor harus mendapatkan tunjangan. Juga bagi dosen yang berjafung Lektor, Lektor Kepala, dan Guru Besar  juga begitu. Akan diberikan penghargaan juga oleh yayasan. Dan ini bermanfaat bagi semuanya, baik lembaga dan dosen. Selanjutnya, Teman-teman semua wajib harus dapat BKD. Jangan ada teman kita yang tidak dapat. BKD mulai 5 kelas dari Reg A dan B, 4 reguler A dan B ditambah 1 reguler C. Dan  3 Reguler A dan B ditambah 2 reguler C. Dan ada pendapatan tambahan di LSP,  Lembaga Bahasa dan Lembaga Bantuan Hukum. Oleh karena itu, kita berharap teman-teman dosen segera bergelar Doktor. Karena mungkin saja dalam kurilun waktu tertentu, syarat dosen minimal harus doktor” Papar Pak Rektor.

Ketua LPPM Sedang memberikan Materi

 

Selanjutnya, acara dilanjutka materi terkait Penelitian dengan Narasumber Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M.

“Untuk mencapai 40 besar nasional, penelitian kita harus mencapai mandiri dan sekarang penelitian kita sudah meningkat dari binaan ke klaster utama.  Ada formula yang berbeda  ketika penelitian meningkat berubah dari klaster binaan menjadi klaster utama, dan itu berhubungan dengan dosen yang sudah S3, sudah Lektor, sudah Lektor Kepala dan Guru Besar” Papar Ketua LPPM. (ZN)

Sumber : unpam.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *