KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Peran Koperasi Dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi Anggota Dan Masyarakat Di Desa Sindanglaya Kecamatan Tanjung Siang Kabupaten Subang Jawa Barat

Dosen-dosen Prodi Manajemen S1 dan Pasca Sarjana Universitas Pamulang, mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sindanglaya Tanjung Siang Subang Jawa Bara sebagai bentuk implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Adapun Tim PKM Koperasi terdiri dari, yaitu Jeni Andriani, SS, SE, MM, Dr. Ir. Umi Rusilawati, MM, Fathurahman, S.Pd., M.Si, Dr. Muh. Sutoro, MM, MH, dan Awaludin Muchtar, SE, MM dan kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Januari 2020. Tujuan PKM ini adalah adalah untuk  mengetahui peran koperasi dalam mengembangkan potensi ekonomi anggota dan masyarakat di Desa Sindanglaya Kecamatan Tanjung Siang Subang Jawa Barat.

 

 

Jeni Andriani, SS, SE, MM selaku Ketua PKM Tim Koperasi menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada pihak- pihak yang telah membantu terselenggaranya  kegiatan PKM ini, khususnya kepada Dr. Nurzaman, selaku tokoh masyarakat di desa Sindanglaya, dan Kepala Desa Sindanglaya, Bapak E. Endang Jaelani, beserta jajaran staf., sehingga bisa saling bersinergi antara dunia Perguruan Tinggi dan aparat Pemerintah Desa serta masyarakat desa.

Berdasarkan informasi dari masyarakat dan aparat desa setempat, bahwa di desa Sindanglaya Subang Jawa Barat, sudah ada koperasi di tingkat desa, yaitu Kopwan Led Desa Sindaglaya, namun belum semua masyarakat desa tahu perannya koperasi, sehingga dosen-dosen dari Universitas Pamulang membantu mensosialisasikan keberadaan dan peran koperasi  dengan mengadakan PKM yang berjudul “Peran Koperasi Dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi Anggota dan Masyarakat Desa Sindanglaya Kecamatan Tanjung Siang Kabupaten Subang Jawa Barat”. Koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional memiliki 5 wahana pokok, yaitu wahana ekonomi, wahana pendidikan, wahana perdemokrasian ekonomi masyarakat, wahana pengimbang antara aparatur ekonomi swasta, wahana persatuan dan kesatuan bangsa, berperan dalam menumbuhkan etika, semangat kebersamaan, kesetiakawanan dan kekeluargaan. Dalam perjalanannya, cita-cita koperasi sebagai soko guru perekonomian indonesia telah mengalami pasang surut sampai saat ini, sehingga diperlukan sosialsasi terus menerus ke semua lapisan masyarakat.

Output dari pelaksanaan PKM ini, diharapkan masyarakat desa Sindanglaya Subang Jawa Barat dapat memahami secara optimal peran sebagai anggota koperasi dan masyarakat desa dalam  mengembangkan potensi ekonomi yang ada di wilayahya, dengan dukungan semua pihak, baik dari pengurus koperasi yang sudah ada/berjalan dan aparat pemerintah desa untuk mengajak masyarakat berpartispasi menjadi anggota koperasi, sehingga terbentuknya masyarakat yang mandiri dan sejahtera