KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Di Yayasan Al Kahfi, Pamulang, Tangerang Selatan

Yayasan Al Kahfi merupakan Lembaga organisasi dakwah sosial yang bergerak di bidang pendidikan, bidang sosial, pendidikan dan keagamaan. Saat ini Yayasan Al Kahfi mempunyai cabang yang berjumlah 40 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Cabang Pamulang, Tangerang Selatan. Yayasan Al Kahfi mempunyai tujuan untuk mengentaskan kemiskinan, memberikan penyantunan, fasilitasi pendidikan bagi anak asuh, juga pembinaan moral dan keagamaan generasi muda.

Program-program dari Yayasan Al Kahfi Cabang Tangerang Selatan yang berjalan diantaranya adalah:

  1. Mengadakan pembinaan moral rutin kepada 200 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),
  2. Pembinaan karakter pelajar SMA untuk melahirkan generasi yang berwawasan Ilmiah, memiliki kepedulian sosial, dan memiliki moralitas yang baik,
  3. Mengembangkan program filantropi dari masyarakat kota Tangerang Selatan untuk membantu biaya pendidikan dan kesejahteraan 150 anak yatim, piatu dan dhuafa.

Berdasarkan program-program yang sedang berjalan tersebut dan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak asuh dan siswa binaan Yayasan Al Kahfi Cabang Tangerang Selatan maka Program Studi Teknik Kimia Universitas Pamulang dikomandoi oleh Budhi Indrawijaya, S.T, M.Si dan diikuti oleh para dosen yaitu Ir. Irman Ansari Adlin, M.M, Ir. Suwoto, M.T, Agus Salim Afrozi, S.T, M.T dan Muryanto, S.T, M.T serta di bantu oleh 2 orang mahasiswa mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Al Kahfi Cabang Tangerang Selatan.

PKM yang dilaksanakan berupa memberikan pelatihan teknologi tepat guna. Topik pelatihan yang dipilih adalah pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) . Topik ini dipilih karena tidak memerlukan alat, bahan yang mahal, produk banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta potensi pasar yang besar sehingga para santri nantinya dapat mengembangkan menjadi bisnis rumahan. Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 17-19 Januari 2020. Kegiatan diikuti oleh 24 santri (anak asuh dan anak didik Yayasan Al Kahfi) dapat berjalan dengan lancar dan sukses yang ditunjukkan dengan antusiasme para santri dalam mengikuti acara selama pelatihan.

Foto Kegiatan: