KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Bersiap Membangun Generasi Milenial Yang Cinta Tanah Air Melalui Potensi Profesi Dan Wirausaha

Kepulauan Seribu adalah salah satu tujuan wisata bahari warga Jakarta, Tangerang dan sekitarnya. Kepulauan Seribu memiliki ratusan buah pulau, salah satu pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Untung Jawa. Pulau Untung Jawa menawarkan panorama pantai yang eksotis dengan jarak tempuh yang tak jauh dari pinggiran Ibukota, sekitar 45 menit menyeberang dari Tangerang.

Pulau Untung Jawa memberikan peluang berwirausaha bagi warga sekitar karena melihat potensi pasar wisata yang cukup besar. Untuk itu dosen-dosen Universitas Pamulang Tangerang Selatan, yaitu Fika Rahmanita, Cornelia Dumarya Manik, Jeni Andriani, Derita Qurbani, dan Robby Kharisma melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sebagai salah satu bagian dari tridarma Perguruan Tinggi, dengan melakukan sosialisasi yang bertema “Nilai Cinta Tanah Air dengan melalui Potensi Profesi dan Kewirausahaan”.

Kegiatan ini dilakukan untuk peningkatan kreativitas warga masyarakat agar dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar di lingkungan tempat tinggal dengan tetap menjaga nilai-nilai cinta tanah air. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan generasi milenial Pulau Untung Jawa menghadapi era globalisasi, mengingat Pulau Untung Jawa juga merupakan salah satu tujuan wisatawan internasional.

Dosen dan Peserta PKM

 

Selain sosialisasi, dilakukan juga demonstrasi pembuatan kerajinan tangan untuk menambah ketrampilan peserta. Setelah demonstrasi dilakukan, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktekkan cara pembuatan kerajinan tangan. Sebagai bekal peserta  untuk meningkatkan kemampuan dirinya ketika terjun dalam berwirausaha.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh 50 orang warga pulau Untung Jawa, di mana hasil kegiatan ini bisa memunculkan nilai-nilai wirausaha melalui potensi profesi, Selain itu, PKM ini juga melakukan sosialisasi nilai-nilai bela negara dengan menanamkan nilai cinta tanah air, sehingga generasi millenial diharapkan bisa menjaga dan mengembangkan wilayahnya menjadi potensi wisata yang terkenal.