KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Penyuluhan Manajemen Waktu Untuk Melatih Kedisiplinan Anak-Anak Didik Pondok Pesantren Asshiddiqiyah – Tangerang Selatan

Pamulang, Pengabdian Kepada Masyarakat / PKM ini merupakan salah satu tugas Dosen guna mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang saat ini dilakukan oleh Para Dosen Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang yang dibantu mahasiswa – HIMA PEKO, berkolaborasi memberikan Motivasi kepada Anak-anak didik MTs Manba’ul Ulum Asshiddiqiyah-Pondok Pesantren Asshiddikyah – Tangerang Selatan, yang telah disambut hangat oleh para peserta dan Pengurus Pondok Pesantren Asshiddiqiyah yaitu Bp. Hafiz Abdullah, S.P.d dan Bp. Tohir. Adapun Tema yang diusung adalah pemberian Motivasi dan Tips bagaimana mengelola waktu secara efisien dan efektif. Di hari pertama kita lakukan presentasi dan tanya jawab berkaitan dengan 10 TIPS MANAJEMEN WAKTU yang di pandu dan sebagai Narasumber adalah Bp.Tutug Srijatmiko, S.Pd, S.H, M.Pd.

 

 

10 Tips Manajemen Waktu:

  1. Hilangkan Kebiasaan Menunda-Nunda Waktu
  2. Dahulukan Yang Wajib dan Prioritas
  3. Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu
  4. Membuat Batasan Waktu
  5. Meninggalkan Aktivitas Tidak Bermanfaat
  6. Membuat Jadwal Kegiatan
  7. Kurangi Bersantai – Santai
  8. Jangan Terjebak Dalam Masa Lalu
  9. Belajar Fokus Pada Sesuatu
  10. Niatkan Berubah Menjadi Yang Lebih Baik

Para Peserta sangat antusias sekali untuk menyimak dan memperhatikan materi yang disajikan, membuat mereka untuk segera bertanya dan bertanya, karena hal ini sangat bermanfaat sekali bagi mereka, terutama untuk anak-anak didik yang sekarang duduk di kelas 3, yang sebentar lagi akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi yaitu SLA, serta mereka akan memasuki dunia masa Remaja yang harus mulai menata diri, mengapai mimpi dan cita-cita kesuksesan dimasa depan yang lebih cerah dan bermakna.

 

 

Dihari selanjutnya Bp. Edi Mulyanto, S.E, M.Ec, yang berkolaborasi dengan Ibu, Ade Holisoh,S.Pd,M.Pd memberikan pelatihan bagaimana cara membuat Jadwal Kegiatan yang sifatnya sederhana dan berbasis digital yang sangat sederhana juga, untuk membantu mereka agar Jadwal Kegiatan ini benar-benar akan menjadi salah satu cara dan sarana untuk menerapkan Manajemen Waktu didalam kehidupan sehari –hari, dan akan melatih pribadi mandiri, berkarakter dengan baik serta berlaku disiplin.

Pada hari terakhir PKM ,Bp. Jumino,S.E, M.M yang dibantu oleh Ibu Sri Rahayu,S.Pd, M.P.d membawakan materi penguatan terhadap Tema PKM dengan memberikan Kesimpulan : PKM Penyuluhan Manajemen Waktu Untuk Melatih Kedisiplinan Anak-anak Didik Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Tangerang Selatan dapat disimpulkan terdapat 3 langkah :

  • Menentukan target yang jelas dan terukur
  • Susun rencana dengan cermat dan terukur step-stepnya
  • Gunakan waktu seefisien mungkin, bahkan kalau perlu manfaatkan waktu-waktu luang untuk menyelesaikan sesuatu yang belum terselesaikan.Perlu diingat, bahwa orang yang Sukses bukanlah orang yang punya banyak harta , akan tetapi orang yang Sukses adalah orang yang mampu manfaatkan waktu luangnya secara optimal dan mau berubah kearah yang lebih baik.

Adapun Saran – saran adalah sebagai berikut :

  1. Penyuluhan, Motivasi, Tips dan latihan Manajemen Waktu yang diberikan kepada Peserta anak-anak didik khususnya MTs Manba’ul Ulum Asshiddiqiyah – Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Tangerang Selatan, semoga bermanfaat dan dapat mengimplementasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Sebaiknya kita semua mulai dapat memupuk sebuah impian kesuksesan yang dapat kita capai dimasa depan dengan menggunakan manajemen waktu.
  3. Sebaiknya kita semua tidak hanya mengetahui Karakteristik Waktu:
    • Waktu Tidak Dapat Diganti
    • Waktu Tidak Elastis
    • Waktu Tidak Dapat Dibalik
    • Waktu Sifatnya Personal

 

 

Namun kita semua harus meresapi makna yang terkandung didalamnya, sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Kehidupan di dunia hanya sementara marilah kita memanfaatkan waktu untuk mencari bekal di kehidupan yang abadi yaitu Akhirat, jika kita semua tidak melakukannya, maka kita termasuk golongan orang-orang yang merugi.

Sumber: peko.unpam.ac.id