Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Anak-Anak di Kelurahan Pondok Petir – Bojongsari

Bentuk Implementasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Salah satu Perguruan Tinggi yang berada di kota Tangerang Selatan adalah Universitas Pamulang (UNPAM) pada kampus 2 Viktor yang bertempat di Jl. Raya Puspitek.

Ini sejalan yang dilakukan oleh tim PKM yaitu dosen Universitas Pamulang (UNPAM) Prodi Teknik Informatika yang diketuai oleh Bapak Erdi Sutriyatna, S.Kom., M.Kom bersama 3 dosen lain sebagai anggota antara lain: Bapak Khanif Faozi, S.Kom., M.Kom., Ibu Rahmawati, S.Kom., M.Kom., dan Ibu Sri Wahyuni, S.Kom., M.Kom., dan 2 mahasiswa UNPAM Prodi Teknik Informatika antara lain: Liberrian Akbar Parindra dan  Wahyu Syhabudin, yang pada kesempatan ini melakukan kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2019 kepada warga RW.05 kelurahan Pondok Petir, Bojongsari, Depok dengan mengangkat tema “Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Anak-anak”. Karena peran ibu dalam keluarga adalah orang yang paling dekat dengan anak untuk memiliki pengetahuan tentang mendidik anak dengan menyikapi gadget yang baik dan terarah.

Bapak Khanif Faozi sebagai pemateri, menyampaikan dari pemanfaatan dan fungsinya dari penggunaan gadget baik itu kalangan orang dewasa/profesional cenderung untuk aktivitas sehari-hari bahkan anak balita sekalipun memanfaatkan gadget yang tidak lain adalah utamanya hiburan dan pendidikan. Sayangnya kemajuan teknologi ini kerap kurang diimbangi dengan sikap kewaspadaan akan resiko penyalahgunaan dari gadget tersebut. Alhasil, kasus demi kasus penyalahgunaan di kalangan anak saat ini banyak terungkap ke masyarakat. Disamping itu menuturkan, kegiatan ini adalah selain untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mengetahui dampak dari penggunaan gadget dari segi positif dan negatif, dan mengetahui bagaimana menyikapi kepada anak-anak yang sudah kecanduan dan cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *