KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di PKK Kelurahan Buaran Serpong

Serpong, 15 Desember 2019. Peran Universitas tidak hanya sebagai wadah pendidikan saja, namun juga mempunyai tri darma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) akan membuat diseminasi ilmu-ilmu maupun hasil penelitian dapat di terima oleh masyarakat secara cepat. Program Studi Teknik Kimia Universitas Pamulang sebagai salah satu universitas di daerah Tangerang Selatan turut aktif dalam proses PKM ini.

 

Salah satu kegiatan PKM yang dilakukan oleh Dosen-dosen dan mahasiswa Teknik Kimia UNPAM adalah penyuluhan dan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil di ibu-ibu PKK Keluran Buaran Serpong Rt. 02/05 Buaran Serpong pada taggal 13-15 Desember 2019. “Pelatihan ini sangat baik, dan kami sangat mendukung diadakannya kegiatan PKM ini, karena ibu-ibu PKK di sini sudah aktif dalam beberapa kegiatan diharapkan pelatihan ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat dijadikan sumber penghasilan juga” ucap Pak Karsa selaku ketua RW. 05 dalam pembukaan acara PKM.

 

Anggota masyarakat yang terlibat dalam kegiatan PKM ini merupakan ibu-ibu PKK yang sangat aktif. Anggota pkm ini terlihat antusias dan tertarik dengan proses pembuatan VCO. Menurut Muryanto, salah seorang dosen Teknik Kimia UNPAM, proses pembuatan VCO ini ada beberapa cara, dan sangat mudah dilakukan, karena bahannya tersedia dan tidak membutuhkan peralatan yang sulit. “VCO mempunyai nilai jual yang tinggi dan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecantikan”ujar Muryanto di sela-sela pengisian materi dan praktek pembuatan VCO.

 

Mahasiswa UNPAM juga turut serta dalam kegiatan PKM ini dengan melakukan pembuatan VCO dibantu oleh ibu-ibu PKK yang sangat antusias terlibat langsung. Diharapkan kegiatan PKM ini tidak berhenti sampai sini, dan terus berlanjut untuk produk-produk hasil penelitian lainnya dari prodi Teknik Kimia UNPAM.