KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

PKM Dosen Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Manfaatkan Internet untuk Wirausaha

CIPUTAT – Penggunaan internet sudah seharusnya bisa dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat. Selain sebagai alat komunikasi, juga untuk mendukung kegiatan ekonomi dan pendidikan.

Untuk itu, dosen Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang (Unpam) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselengarakan di Pondok Pesantren Raudhathul Ishlah, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel.

“Sekitar 70 persen masyarakat Indonesia masih menggunakan internet untuk entertainment. Saya harapkan nantinya dengan akses internet yang mudah dan murah di masyarakat, internet bisa digunakan untuk e-commerce, e-government, dan e-education,” ungkap Intan Kumalasari, S.Kom, M.Kom, Ketua PKM Unpam, belum lama ini.

Tak hanya Intan, Agus Wiranto S.T, M.Kom, Aa Kurniawan, S.Kom.,M.Kom, Nurfiqih S.Kom, M.Kom dan Rifky Novrian Kahar S.Kom, M.Kom sebagai anggota, mendorong santri Pondok Pesantren Raudhathul Ishlah, untuk membangun industri kreatif dengan memanfaatkan kemajuan fasilitas internet.

PEMAPARAN: Salah seorang pembicara PKM Universitas Pamulang, memaparkan manfaatkan internet untuk wirausaha, kepada santri Pondok Pesantren Raudhathul Ishlah, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, belum lama ini.

Lebih lanjut Intan memaparkan, penggunaan media digital akan memudahkan santri dalam pemasaran usaha dan pengembangannya di banding secara konvensional. Namun sayangnya hingga saat ini, keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, mengakibatkan belum maksimalnya informasi yang tersedia.

Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat seperti ini bagi para santri sangat tepat, mereka diberikan wawasan tentang manfaat internet, sehingga para santri dapat memanfaatkan internet sebagai media wirausaha.

Pembicara dari tim PKM ini, memberikan pengetahuan kepada para santri dalam mengelola internet dan promosi secara benar dan efektif.

“Dunia sudah mengakui bahwa Indonesia salah satu negara terbaik untuk membangun bisnis. Sekarang tinggal membangun jiwa entrepreneurnya. Karena membangun bisnis itu harus juga disertai dengan keberanian mengambil resiko dan juga bisa memanfaatkan internet,” jelas Intan.

Diakhir kegiatan, tim PKM ini, melalui dana PKM memberikan bantuan berupa seperangkat komputer untuk pelaksanaan pemenuhan sarana dan prasarana. Tentunya yang dapat mendukung pelaksanaan edukasi internet untuk para santri pondok pesantren. (mas/mas)

Sumber : tangerangekspres.co.id