Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan Sekolah kepada Kepala Sekolah, Pengawas dan Guru-guru Di SMP N 4 Tangerang Selatan

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang adalah salah satu bentuk implementasi kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 – 11 Desember 2019 bertempat di SMP N 4 Tangerang Selatan.

 

Sebagai Ketua Pengabdi, Sri Retnaning menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara kegiatan PKM ini, khususnya Kepala Sekolah, Pengawas, dan guru-guru di lingkungan SMP N 4 Tangerang Selatan.

“Semoga terus terjalin kerjasama antara kedua belah pihak, baik lembaga pendidikan seperti Sekolah maupun Kampus yang diwakili oleh dosen dan mahasiswa, dan semoga mendapat manfaatnya dan berkah bagi kita semua ”, ujar Ketua.

Kepala Sekolah SMP N 4, Bapak Drs.  Yantho M.M, menyampaikan bahwa Kegiatan PKM dari dosen-dsoen Universitas Pamulang bermanfaat sebagai informasi sharing yang menyegarkan dan mengingatkan kembali dalam meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki oleh para guru-guru untuk lebih terampil dan mandiri dalam membuat laporan keuangan sekolah”. ujarnya.

Salah satu narasumber, Pak Isep memaparkan bahwa kegiatan ini mengangkat judul Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sekolah, dikarenakan peran pengawas dan guru guru sangat penting untuk membantu atau meningkatkan kualitas pendidikan melalui tanggungjawabnya dalam terlaksananya laporan keuangan sekolah yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. 

 

Pak Hafiz, salah satu narasumber menuturkan, kegiatan ini adalah selain untuk memberikan  pemahaman tentang pentingnya membuat laporan keuangan juga memberikan pelatihan bagaimana mempuat Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), Rencana Kerja Jangka Mengengah (RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dengan dipandu juga oleh narasumber lainnya yaitu Pak Catur dan bu Agustina.

Kesimpulan dari pelatihan ini yaitu bahwa RKAS merupakan rencana kerja yang harus dimiliki sekolah yang didalamnya memuat RKJM dan RKT yang merupakan panduan bagi sekolah untuk melaksajakan kegiatannya baik selamat empat tahun maupun selama satu tahun. Konsep dari pengelolaan keuangan sekolah merupakan rangkaian aktivitas; yang mengatur keuangan sekolah mulai dari perencanaan, pembukuan, pembelanjaan, pengawasan dan pertanggungjawaban keuangan sekolah. Harapan kedepannya dengan bentuk pengabdian ini adalah dapat menambah ilmu yang bermanfaat dalam membuat laporan keuangan sekolah yang transparan, akuntabel, effisien dan effektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *