KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pengabdian kepada Masyarakat di Jampang English Village (JEV) Teaching English Using Story Telling

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan pada tanggal 8-10 Desember 2019. Kegiatan PKM ini bertempat di Jampang English Village (JEV), Kawasan Zona Madina- Dompet Duafa, Jl. Rayoa Parung KM 42 Kemang- Bogor.

Berawal dari permasalahan yang ada pada anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris yaitu ketidakmampuan pengucapan kosa kata bahasa Inggris sederhana dengan benar. Maka tujuan utama daripada pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah agar anak-anak mampu mengucapkan atau melafalkan kosa kata dalam bahasa Inggris dengan benar dan baik. Karena sasaran PKM adalah anak-anak usia sekolah dasar maka tingkat yang ingin dicapai adalah pengucapan kosa kata bahasa Inggris sederhana dengan benar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dalam pelaksanaan PKM ini kami menggunakan metode pengajaran dengan strategy story telling. Dengan story telling diharapkan anak-anak mudah memahami materi dan dapat meningkatkan kemampua berbicara Bahasa Inggris dan tentunya dengan pengucapan kata-kata yang benar.

Dalam pelaksanaan PKM ini melibatkan dosen dan mahasiswa dari sastra Inggris. Dilapangan sebelum pengajaran dimulai kami membagi tim menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan penyampaian materi kepada anak-anak. Setiap kelompok memiliki tugas masing-masing untuk menyampakan materi dan mengenalkan story telling. Tiap kelompok menyiapkan cerita atau story telling yang akan diberikan kepada anak-anak. Tugas setiap kelompok adalah mengenalkan cerita yang sudaah dipersiapkan kepada anak-anak. Sebelum mulai membaca cerita terlebih dahulu kita mengajak semua anak-anak berkumpul dan melakukan pemanasan berupa permainan dan lagu selama lebih kurang 15 menit. Dengan membacakan cerita atau mendongeng dengan menggunakan media gambar yang sudah disiapkan. Setelah selesai mendengarkan ceria anak-anak kemudian ditanya mengenai pemahaman mereka terhadap cerita dengan cara menanyakan cerita atau mendiskusikan kosakata. Tak lupa juga kami mendiskusikan pesan atau nilai cerita. Setelah itu, tim memberikan model kepada siswa, contoh bagaimana cara pengucapan kosa kata yang benar, meminta siswa mengulang kosa kata yang sudah diucapkan dan mengoreksi pengucapan kosa kata siswa. Pada saat kegiatan berlangsung anak-anak terarik dan senang mendengarkan cerita tersebut.

Foto-foto kegiatan PKM:

Kegiatan awal pemanasan dengan permainan dan lagu

 

Mulai membacakan cerita / story telling dengan alat peraga

 

Anak-anak belajar mengulang cerita menggunakan gambar

 

Anak-anak belajar cara pengucapan kata bahasa Inggris dengan benar

 

Menjelaskan Kembali cerita dengan pengucapan kata kata yang benar

Sumber: sasing.unpam.ac.id