PKM 2019 UNPAM MENGABDI

Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Sabun Transparan

Dosen Program Studi Teknik Kimia Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Pembuatan Sabun Transparan di RT 02 RW 04 Kelurahan Pagedangan – Kecamatan Cisauk – Kabupaten Tangerang. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Agus Salim A, ST, MT bersama 4 dosen Program Studi Teknik Kimia tersebut dilaksanakan pada 8 Desember 2019 dan berlangsung dengan lancer. serta mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat. Masyarakat berharap program ini dapat terus berlanjut dengan topik yang berkembang sesuai kebutuhan mereka.

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Di samping itu dengan adanya pengabdian masyarakat, maka keberadaan Universitas Pamulang ikut berkontribusi meningkatkan ilmu dan ketrampilan masyarakat, juga diharapkan bisa membantu masyarakat meningkatkan peluang ekonomi dengan menciptakan lapangan usaha baru berdasarkan ketrampilan yang diberikan.

Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan cara penjelasan dan praktek langsung kepada masyarakat untuk pembuatan sabun transparan.  Sabun mandi merupakan kebutuhan sehari hari dari masyarakat dan biasanya diperoleh dari membeli produk yang sudah ada. Dengan penyelenggaraan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan ilmu dan kemampuan masyarakat untuk membuat sendiri kebutuhan sabun mandi bahkan dapat dikembangkan untuk berwirausaha. dan salah satu kontribusi Prodi Teknik Kimia Pamulang dalam mendukung kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.