KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pemberdayaan Ibu PKK RW 05 Kelurahan Kuningan Barat Melalui Pelatihan Manajemen Usaha Kerajinan (Craft) Decoupage

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang adalah salah satu bentuk implementasi kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 November 2019 bertempat di PKK RW 05 Kelurahan Kuningan Barat Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

Sebagai Ketua Pengabdi, Jeni Andriani menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara kegiatan PKM ini, khususnya PKK RW 05 kelurahan Kuningan Barat Jakarta Selatan yang telah menyediakan tempat untuk kegiatan ini. “Semoga terus terjalin kerjasama antara kedua belah pihak, baik mitra maupun kampus, yang diwakili oleh dosen dan mahasiswa dan mendapat manfaat serta keberkahan”, ujar Ketua.

 

Ketua PKK RW 05 kelurahan Kuningan Barat, ibu Hj. Untari menyampaikan, sebagai sebuah organisasi masyarakat, salah satu prinsip PKK adalah pemberdayaan dan partisipasi masyarakat lewat pemberdayaan keluarga, di mana anggota PKK adalah ibu-ibu rumah tangga . “Kegiatan PKM dari dosen-dsoen Universitas Pamulang sangat bermanfaat untuk ibu-ibu PKK karena bisa meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki untuk lebih terampil, kreatif dan mandiri untuk kesejahteraan keluarganya”. ujarnya

 

Salah satu narasumber, Nofiar memaparkan bahwa kegiatan ini mengangkat judul “Perberdayaan Ibu PKK Melalui Pelatihan Manajemen Usaha Kerajinan Decoupage Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga”. Judul tersebut diangkat dikarenakan peran Ibu-ibu sebagai anggota PKK sangat penting untuk membantu atau meningkatkan ekonomi keluarga dengan memiliki ketrampilan yang bisa dijadikan peluang usaha.

“Kegiatan positif sebagai ibu rumah tangga tidak hanya mengurus anak dan suami, serta urusan rumah tangga, tetapi juga bisa menyalurkan hobi untuk menambah atau meningkakan pendapatan keluarganya”, tuturnya

 

 

Retno Wulansari, salah satu narasumber menuturkan, kegiatan ini adalah selain untuk memberikan  pemahaman tentang pentingnya peran ibu sebagai ibu rumah tangga yang memiliki usaha, juga memberikan pelatihan dengan praktek langsung kerajinan decoupage, yaitu seni menempel kertas tisu pada media, yaitu dompet anyaman, dengan dipandu juga oleh narasumber lainnya yaitu Sri Retnaning dan Fitri Sabina. “Selain itu tujuan kegiatan ini juga memberikan pembekalan kepada peserta tentang pembuatan kerajinan decoupage yang bisa dijadikan salah satu pilihan untuk memulai usaha”, ujarnya. Para peserta sangat antias dalam mempraktekkan seni kerajinan decoupage.