KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Strategi Pengelolaan Keuangan Ibu Rumah Tangga Di Majelis Taklim Almarhamah Legoso Ciputat

Hal penting yang seringkali diabaikan dalam melaksanakan penglolaan Rumah Tangga adalah pengelolaan uang dengan efisien dan efektif. Hal ini kadang dianggap sepele dan tidak dibutuhkan, namun seiring dengan waktu kadang tidak terkontrol , sehingga belum saatnya mendapatkan gaji atau pendapatan rumah tangga, uangnya sudah habis, mau tidak mau terjadilah hutang yang tanpa di rencanakan , yang pada akhirnya berdampak rumah tangga kurang harmonis karena antar suami dan istri saling menyalahkan.

Untuk itu sebagai bentuk aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggai yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), para dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya melakukan program pelatihan STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI MAJELIS TAKLIM ALMARHAMAH LEGOSO CIPUTAT, pada tanggal 22-24 Nopember 2019, bertempat di Jl Legoso Selatan II Pisangan Timur Ciputat.

Kegiatan ini di Ketuai oleh Ibu Siti Hanah, S.E., M.M . , Wakil ketua Nur Asmilia, S.E., M.M.,Ak, Sekertaris. Irenne Putren, S.Pd., M.Pd , dan  Narasumber. Ibu Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja, S.S., M.M serta Purwatiningsih, S.Pd., M.M.. juga melibatkan 5 orang mahasiswa UNPAM prodi S1 Akuntansi.

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan : 1. Pendampingan. Pada kegiatan ini dilakukan brainstorming untuk membuka mindset tentang pentingnya mengelola keuangan rumah tangga dengan menggunakan pedoman yang telah terstruktur dan lebih efesien sehingga pengelolaan keuangan yang tepat dan efektif dapat memberikan kenyamanan dan kebahagian rumah tangga. 2. Penyuluhan, Aspek yang akan dikaji dalam kegiatan ini adalah faktor penentu keberhasilan dalam mengelola keuangan rumah tangga daik dalam operasional harian maupun manajemennya.3Praktek, Pada kegiatan ini akan diajarkan , di couching dan conselling serta mentoring tekhnik mengelola keuangan dengan efesien dan efektif serta pentingnya mengelola keuangan agar  penggunaannya sesuai dengan pendapatan dan tepat sasaran serta ada menyisihkan tabunagn untuk kebutuhan tak terduga atau hari tua akan bahagia sejahtera dan damai.

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id