KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pentingnya Gemar Menabung SMK Muhammdiyah Parung Bersama Dosen-Dosen UNPAM

Pamulang, 22 November 2019  Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi Selain Pendidikan dan Penelitian, sesuai undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 20 ayat 2 dinyatakan: ”Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”. Pada Pasal 24 ayat 2 disebutkan:”Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat”.

Pengabdian kepada Masyarakat yang digagas oleh team dosen Pendidikan Ekonomi ini ditujukan kepada siswa dan siswi SMK Muhammadiyah Parung. Bertujuan agar siswa dan siswi menerapkan rasa gemar menabung untuk masa depan mereka agar hidup mandiri tidak ketergantungan kepada orang lain, dan mengenalkan informasi keuangan serta pertumbuhan uang.. Dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan pada lingkungan sekolah sekitar Parung yang banyak sekali ditemukan pola hidup konsumtif di masyarakat serta kesulitan dalam mendisiplinkan diri dalam menabung anak usia sekolah.

 

Kerja sama ini selain sebagai bentuk kewajiban dosen dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, juga memanfaatkan bidang keilmuan yang dimiliki para dosen, khususnya dalam Bidang Perekonomian. “Pemahaman Pentingnya Gemar Menabung Dalam Rangka Mengenal Informasi Keuangan dan Pertumbuhan Uang.” Topik yang diangkat merupakan topik yang sangat penting dan memerlukan perhatian serius terkait dengan kegiatan ekonomi di masyarakat, “Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi keilmuan kami selaku dosen program studi Ekonomi Universitas Pamulang.” Kata Ria Rosalia Simangunsong, SE.,MM selaku ketua pelaksana kegiatan.

Tentu kegiatan itu disambut baik dan mendapat apresiasi yang tinggi oleh pihak sekolah SMK Muhammadiyah Parung .Acara Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan selama 2 hari, bersama dosen-dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang. “Saya sangat berterima kasih pada Dosen UNPAM Dalam kegiatan PKM disekolah saya dimana segala materi pembahasan  yang disampaikan kepada guru guru kami dan juga siswa kami sangat lah bermanfaat,” kata Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Parung, H. Liwaul Gamau, S.Pd I.

Ria bersama anggotanya juga tak lupa mengucapkan terima kasih pada pihak sekolah yang telah menyediakan tempat dan waktunya dalam kegiatan PKM.