Pembinaan dan Implementasi Manajemen Keuangan Sebagai Persiapan Menuju Jenjang Perguruan Tinggi, Dunia Kerja dan Wirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung

Lembaga Pendidikan dari semua jenjang pendidikan merupakan organisasi yang operasinya membutuhkan uang untuk menggerakan sumber daya yang dimilikinya (A. Rusidana, 2013). Oleh karena itu, mengingat bahwa pentingnya dalam pengelolaan sumber daya uang secara mandiri maupun kelembagaan perlu adanya pembinaan maupun pelatihan yang dapat di implementasikan dalam kahidupan sehari-hari. Dalam hal ini terutama para peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi, dunia kerja bahkan berwirausaha.

Kami selaku dosen dari S1 Manajemen Universitas Pamulang memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dengan memberikan ilmu pengetahuan yang kami miliki dengan cara pembinaan atau pemaparan tentang bagaimana cara pengelolaan keuangan untuk persiapan memasuki dunia baru bagi siswa/i SMK Muhammadiyah Parung.

 

Oleh karena itu pada tanggal 21-22 November 2019 kami mengadakan pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema “Pembinaan dan Implementasi Manajemen Keuangan Sebagai Persiapan Menuju Jenjang Perguruan Tinggi, Dunia Kerja dan Wirausaha” untuk siswa/i SMK Muhammadiyah Parung.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh para peserta didik Jurusan Akuntansi, kegiatan ini disambut baik oleh Bapak H. Liwaul Hamdi, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Parung. Sedangkan dari Universitas Pamulang dihadiri oleh beberapa Dosen Manajeman diantaranya Widya Intan Sari, S.E.,M.M, Mitri Nelsi, S.E.,M.M, Arif Hidayat, S.E.,M.M, Asep Muhammad Luthfi, S.E.,M.M.,C.STMI., dan Rizka Wahyuni Amelia, S.E.,M.M, serta mahasiswa manajemen Moh. Alfatur Rozi, Annisa Maharani dan Fuad Abi Hanif.

 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh Ibu Rizka Wahyuni Amelia, S.E., M.M dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan disampaikan oleh Bapak H. Liwaul Hamdi, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Parung, kemudian dilanjutkan oleh ibu Widya Intan Sari, S.E.,M.M selaku Ketua Tim PKM.

Selanjutnya Bapak Asep Muhammad Luthfi, S.E.,M.M.,C.STMI memberikan pengetahuan umum tentang Manajemen Keuangan, fungsi manajemen keuangan, memberikan gambaran tentang perencanaan keuangan serta contoh implementasi manajemen keuangan dalam persiapan menuju jenjang Pendidikan Perguruan Tinggi. Kegiatan inipun diselingi oleh games dan doorprize untuk memicu semangat dan keaktifan dalam bertanya siswa/i dikelas.

 

Usai pelaksanaan kegiatan dikelas Dosen Manajemen Unpam memberikan cinderamata yang diserahkan langsung oleh Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Ibu Widya Intan Sari, S.E.,M.M kepada Bapak Ahmad Jawoto, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang mewakili Kepala Sekolah SMK Muhammadyah Parung. Dengan adanya kegiatan ini semoga siswa/i SMK Muhammadiyah Parung bertambah wawasannya dalam pengelolaan keuangan untuk persiapan ke jenjang perguruan tinggi, mengenal dunia usaha beserta perkembangannya maupun berwirausaha diusia dini. (By: Arif Hidayat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *