Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa-Siswi untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor

Tangerang Selatan – Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melaksanakan kembali kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada hari Kamis sampai Jum’at tanggal 21-22 November 2019 bertempat di SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Kegiatan PkM ini dilaksanakan oleh para 5 dosen (Ketua: Munarsih, S.S., M.M., anggota: Ivantan, S.E., M.M., Aris Ariyanto, S.S., M.M., Mada Faisal Akbar, S.E., M.M., dan Agus Sudarsono, S.E., M.M.) dan 2 mahasiswa (Bagus Rudi Sambara dan Tegas Sumarwoto) yang berkonsentrasi pada jurusan pemasaran dengan mengusung tema “Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa-Siswi untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor.”

Sebagai ketua PkM dalam sambutannya Munarsih, S.S., M.M. beliau menyampaikan, “kegiatan PkM ini adalah bagian dari Tri Dharma yang mana dalam Tri Dharma dosen mempunyai tiga pokok kewajiban, yaitu: mengajar, meneliti dan mengabdi,” jelas Munarsih.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para siswa-siswi SMK Muhammadiyah untuk mengembangkan kemampuan dibidang ilmu pengetahuan dengan memberikan materi yang berkaitan dengan wirausaha, pemanfaatan teknologi digital dalam membuka peluang berwirausaha dengan tujuan utama mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Bogor,” sambungnya.

Melalui pelatihan digital marketing siswa-siswi diharapkan mampu membuka peluang usaha dengan mandiri dan berkesinambungan yaitu dengan menjadi wirausaha. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja dan persiapan memasuki perguruan tinggi.

 

Materi yang diberikan oleh dosen Universitas Pamulang tentang pelatihan digital marketing dalam penggunaan sosial media yang dapat memberikan kemudahan siswa-siswi dalam berwirausaha guna bekal menghadapi persiapan memasuki dunia kerja dan perguruan tinggi. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa-siswi mendapatkan ilmu pengetahuan baru, sehingga bisa memaksimalkan potensi diri dengan berfikir inovatif dan kreatif.

Setelah penyampain materi kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian motivasi dan pengalaman menjadi mahasiswa Universitas Pamulang yang disampaikan oleh para mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan PkM. Kegiatan diakhiri dengan serah terima secara simbolis kenang-kenangan oleh ketua PkM Ibu Munarsih, S.S., M.M. kepada Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah H. Liwaul Hamdi, S.Pd.I.

Dalam sambutannya kepala sekolah menyampaikan bahwa, “dengan kegiatan ini kami berharap setelah lulus dari SMK Muhammadiyah Parung-Bogor, siswa-siswi  mendapat bekal untuk menjadi wirausaha yang mandiri, kreatif dan dapat berinovasi serta mampu menghadapi dunia kerja dan dapat menyiapkan diri untuk memasuki perguruan tinggi,” ungkapnya. (By: Munarsih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *