KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Gerakan Literasi Digital Dalam Perkembangan Media Sosial Di Kalangan Pelajar Rumah Baca Anna Noor

Dalam kehidupan sehari-hari, pelajar di seluruh Indonesia termasuk di Rumah Baca Bunda Anna Noor Pondok Petir belum memahami apa itu literasi digital. Pelajar atau masyarakat lebih terbiasa mendengar dan berbicara daripada berliterasi digital. Hal ini tentu berpengaruh terhadap literasi digital bagai pelajar. Literasi digital merupakan literasi urutan ke lima yang dicanangkan dalam Badan Bahasa dan Perbukuan. Program tersebut tersusun dalam Gerakan Literasi Nasional tahun 2015 yang terdiri dari literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewarganegaraan.

Adapun khalayak sasaran dalam kegiatan PKM ini adalah pelajar yang berada di sekitar Rumah Baca Bunda Anna Noor Pondok Petir. Pelaksanaan ini dilakukan pada hari Rabu s.d. Jumat tanggal 20 s.d. 22 November 2019. Peserta kegiatan ini terdiri dari 21 pelajar dari berbagai sekolah. Selanjutnya, panitia PKM yang terdiri atas dosen yang beranggotakan D. M. Safari, M.Pd., Yono C., M.Kom., Mohadib, M.Sc., IR.,  M. Zidni Ilman, L.c., M.A., dan  Ardianto Moenir, M.M., dan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang ini bercita-cita menggugah kesadaran dalam melakukan aktivitas penggunaan internet dengan bijak sesaui dengan nilai-nilai etika dan ketentuan hukum yang berlaku.

Sosialisasi literasi digital sangat penting dalam perkembangan pengetahuan pelajar. Apabila hal ini dibiarkan, maka dikhawatirkan para pelajar bisa mengakses Internet dengan bebas tanpa arahan dan tujuan yang jelas (tidak bermanfaat). Artinya, harus banyak sosialisasi yang terlibat dalam penguatan literasi digital. Para dosen atau guru, institusi, lembaga masyarakat, dan para orang tua harus memberikan proteksi dan arahan agar para pelajar memiliki literasi digital yang baik.

Sumber : informatika.unpam.ac.id