KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pelatihan Web Desain & Helpdesk bagi siswa prodi Teknik Komputer Jaringan (TKJ) pada SMK YPUI Parung

Kesiapan Kerja siswa Lulusan SMK adalah suatu bekal untuk mereka setelah lulus dari sekolah. Kesiapan yang mutlak dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja. Proses pembentukan kesiapan kerja disiapkan bukan hanya dari sisi kompetensi saja tetapi juga meliputi faktor psikologis dan non psikologis.

Dosen Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK YPUI Parung, Bogor selama 3 hari. Tepatnya pelaksanaan tersebut dilakukan pada hari minggu, senin dan selasa, tanggal 17, 18 dan 19 November 2019 dimulai pukul 09.00 sd 16.00 dan dibuka oleh Ketua PKM, bapak Bagas Setiyaki Wicaksono, M.Kom. PKM ini bertemakan Pelatihan Web Desain & Helpdesk bagi siswa prodi Teknik Komputer Jaringan (TKJ) pada SMK YPUI Parung

PKM tersebut diketuai oleh bapak Bagas Setiyaki Wicaksono, M.Kom dan sebagai narasumber adalah bapak Hidayatullah Al Islami, M.Kom. Dalam kegiatan PKM tersebut juga turut hadir dosen UNPAM lainnya sebagai anggota PKM yaitu ibu Farida Nurlaila,M.Kom., ibu Susanna Dwi Yulianti Kusuma, M.Kom., dan bapak Budi APriyanto, M.Kom.

Tujuan besar dari kegiatan tersebut adalah meng-orientasikan siswa SMK YPUI Parung Kelas XII agar dapat mengidentifikasi kemampuan, baik soft skill maupun hard skill yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. Pemahaman oleh siswa SMK terhadap web desain dan helpdesk akan berimplikasi pada kesiapan sumber daya manusia yang terampil dan inovatif dalam dunia tenaga kerja. Dari materi yang diberikan oleh narasumber diharapkan siswa:

  1. Mendapatkan pemahaman tentang OS Ticketing
  2. Mampu secara individu untuk mengistal dan konfigurasi OS ticketing
  3. Memahami jobdesk seorang Helpdesk
  4. Mendapatkan pemahaman tentang problem solving live support
  5. Mampu membuat report permasalahan untuk perusahaan.

Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban civitas akademika Perguruan Tinggi sebagai bagian dari tri dharma pendidikan di Perguruan Tinggi. Selain kompetensi akademik dan komitmen sosial, kegiatan ini butuh kesamaan langkah, kesepahaman, kerjasama, dan koordinasi diantara para pihak yang terlibat didalamnya.

Semoga sedikit ilmu ini dapat bermanfaat bagi adik-adik siswa SMK YPUI Parung untuk mempersiapkan karir masa depan setelah tamat dari bangku sekolah. Hingga akhirnya menjadi apa yang dia impikan bekerja/ berwira usaha/ kuliah.