KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Etika Pengembangan Diri dan Kemampuan Komunikasi Staf dalam Memberikan Pelayanan Prima di Yayasan PKBM Amari

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Dosen Prodi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini, mereka menyasar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Amari, Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Mengangkat tema “Etika Pengembangan Diri dan Kemampuan Komunikasi Staf dalam Memberikan Pelayanan Prima kepada Siswa di Yayasan PKBM Amari”, PKBM ini dilaksanakan selama 3 (tiga), dan terbagi dalam beberapa kelompok oleh Prodi D-III Sekretaris ini selama 3 hari, 16-18 November 2019.

Salah satunya PKM di PKBM Amari ini dosen yang terlibat adalah Unik Desthiani S.Si., S.Psi sebagai Ketua, Nur Rachma Wahidah, S.E., M.M sebagai Wakil, Lisa Novia, M.Pd sebagai Koordinator Acara, Nurhayati S.S., M.Hum sebagai Narasumber 1, dan Katry Anggraini, S.Sos., M.I.Kom sebagai Narasumber 2.

Dalam pembukaan PKM, Unik Desthiani mengemukakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat, adalah kegiatan yang mencangkup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan.

Selain itu, dalam hal pengetahuan maupun peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh Civitas Akademika sebagai perwujudan dharma bakti, serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan anggota masyarakat.

Sementara Ketua Yayasan PKBM Amari Meruya Hj. Dahlia menegaskan, bahwa PKBM Amari merupakan suatu lembaga yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan primer masyarakat dalam bidang pendidikan.

“PKBM berfungsi sebagai institusi pemberdayaan masyarakat untuk membantu kelompok-kelompok masyarakat agar mereka memiliki posisi seimbang dengan kelompok masyarakat lainnya yang lebih mapan dalam kehidupan sosial maupun ekonominya,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengatakan kendala-kendala yang dihadapi oleh PKBM Amari Meruya. Antara lain terkadang informasi yang diberikan tidak konsisten dari staf sehingga warga belajar maupun orang tua sering mengeluh.

Dalam kesempatan, dosen-dosen yang terlibat dalam PKM turut serta melakukan studi lapangan, dengan mendatangi langsung pada subjek penelitian untuk diberikan pengarahan dan pembelajaran pada staf PKBM Amari Meruya. Tujuanya,  agar dapat melatih dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan mereka dari sisi komunikasi dan bagaimana beretika yang baik kepada siswa.(sam)

Sumber :
metrotangsel.com
serpongupdate.com