KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pemanfaatan Teknologi, Dosen Unpam Sosialisasikan Aplikasi Qasir.id Untuk Penunjang Kegiatan UMKM

MONITORDAY.COM – Para akademisi dari Universitas Pamulang (Unpam) Program Studi Teknik Informatika yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Jami Al-Awwal, Depok pada minggu 10 November hingga 12 November 2019.

Pengabdian masyarakat kali ini bertajuk ‘Pelatihan Aplikasi Qasir Sebagai Penunjang Kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Forum Masjid Depok Jaya’.

 

 

Ketua Pengabdian Masyarakat, Hendri Ardiansyah S.Kom., M.Kom menilai para pelaku UMKM di wilayah depok mayoritas sampai saat ini masih menggunakan cara-cara konvesional. Menurutnya, cara tersebut memiliki banyak kelemahan, salah satu kelemahan tersebut yakni membutuhkan waktu yang lama dalam bertransaksi.

“Pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Depok Jaya sampai saat ini masih menggunakan cara-cara konvensional dalam pencatatan pembukuan bisnisnya. Cara konvensional ini dianggap tidak efisien, karena membutuhkan waktu yang lama saat bertransaksi, memungkinkan tidak terdata secara jelas jumlah pendapatan dan pengeluaran yang diperoleh, dan akhirnya menyulitkan perhitungan untung dan rugi baik secara harian maupun bulanan,” kata Hendri.

Lebih lanjut, Hendri menilai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat para UMKM harus memahami teknologi, karena pemanfaatan teknologi untuk sektor UMKM sangat membantu pengembangan usaha UMKM.

“Melihat betapa pentingnya pencatatan pembukuan, kini hadir berbagai aplikasi Point of Sale yang menyediakan layanan pengganti sistem kasir tradisional, salah satunya yaitu Qasir.id yang dapat diunduh secara mudah di Playstore untuk para pelaku usaha yang menggunakan smartphone berbasis Android,” tambahnya.

Menurut Hendri, dengan memanfaatkan aplikasi Qasir.id ini diharapkan dapat membuat kegiatan usaha seperti pencatatan penjualan, pengelolaan produk, pengawasan stok hingga memantau laporan transaksi lebih efisien, sehingga mempermudah para pelaku UMKM dalam melihat tren untuk rencana pengembangan bisnisnya.

 

 

Kegiatan pengabdian masyarakat di Forum Masjid Depok Jaya menghasilkan perjanjian kerjasama dengan Masjid Jami Al-Awwal. Perjanjian kerjasama tersebut yakni, pendampingan terhadap para pelaku UMKM.

Sumber: monitorday.com