KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Memajukan Penjualan, Manajemen, dan Keuangan Usaha Kecil dan Menengah Pabrik Seprei Kaus Confetti Di Radar Auri, Depok

Selasa 12 November 2019 kami mengunjungi  Usaha seprei berbahan kaos dengan merk “Confetti” di daerah radar AURI depok. Ibu Buntari dan Ibu Erni sebagai owner di perusahaan ini menyambut kami dengan ramah. Kegiatan ini dimulai dengan tanya jawab dan diskusi santai tentang kendala yang mereka hadapi dalam mengelola usahanya. Mereka mengatakan bahwa masalah yang mereka hadapi adalah terbatasnya keahlian dalam memanfaatkan teknologi untuk pemasaran dan meningkatkan penjualan,belum adanya pembagian kerja kepada karyawan sesuai dengan keahlian sehingga masih terjadi tumpang tindih pekerjaan, serta manajemen keuangan yang masih menggunakan pembukuan sederhana.

 

Berbekal masalah yang mereka hadapi, kami Tim PKM Dosen Universitas Pamulang yang terdiri dari Ir. Ardijan Handijono, MMSI, Rudy Irawan Gunarto, SE, Ak., MM, Eka Kusuma Dewi, SE, M.Si, Samsul Marpitasa, S.Pd., M.Pd dan Yunita Kwartarani M.Pd bersedia membantu UMKM ini untuk memberikan jalan keluar atas segala masalah yang mereka hadapi.

Pak Rudi memberikan presentasi bagaimana mengelola keuangan perusahaan kepada beberapa karyawan. Membuat langkah-langlah penyusunan dan pelaporan keuangan agar terlacak secara maksimal tentang pengeluaran dan pemasukan harian, mingguan, bulanan bahkan laba pertahun termasuk permasalahn pajak.

Pak Ardijan selaku ketua, membantu usaha ini dalam bidang penggunaan teknologi untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran. Selama ini mereka masih sebatas menjual melalui media sosial, tetapi Pak Ardijan memberikan solusi yang lebih banyak untuk meningkatkan penjualan.

 

Pabrik sprei Confetti adalah perusahaan yang mengeluarkan sprei dengan berbahan dasar kaus. Seprei berbahan dasar kaus belum banyak di Indonesia. Keunggulan dari sprei in adalah saat digunakan tidak kusut sehingga memudahkan dalam penggunaannya, tidak mudah berubah warna dan sangat praktis. Harga yang ditawarkan memang lebih mahal dari sprei berbahan dasar katun karena sprei ini mempunya beberapa keunggulan dibandingkan sprei katun.

Pertemuan ini sangat spesial untuk mereka. Pemilik dan karyawan sangat berterima kasih karena mendapatkan banyak ilmu. Semoga apa yang kami berikan dapat membantu wirausaha di Indonesia untuk berkembang lebih baik lagi.