Wujudkan Generasi Muda Unggul di Era Globalisasi dengan Ilmu Wirausaha pada Remaja Masjid Al Hikmah

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Unpam fakultas Ekonomi jurusan Manajemen Universitas Pamulang, dengan tema pengabdian “Mewujudkan Generasi Muda yang Unggul di Era Globalisasi dengan Berbekal Ilmu Wirausaha yang Kreatif, Inovatif dan Diferensiatif pada Remaja Masjid Al Hikmah Reni Jaya Pamulang Tangerang Selatan”. PKM bertujuan untuk melahirkan generasi muda dari kalangan remaja masjid untuk menjadi seorang wirausaha yang handal dan mampu bersaing di era globalisasi saat ini.

Pengabdian ini dipimpin oleh bapak Aidil Amin Effendy, S.E., M.M. sekaligus memberikan materi Pengabdian mengenai ilmu kewirausahaan, moderator pengabdian oleh bapak Heri Murtiyoko, S.Pd, MM., dan  pemateri lainnya yaitu bapak Mahnun Mas’adi, SE, MM., kuis dan tanya jawab dipimpin oleh bapak Ahmad Nurhadi. SE, MM. dan bimbingan serta konsultasi bisnis oleh bapak Widhi Wicaksono. S.E.,MM. Adapun mahasiswa  Unpam membantu dalam bagian dokumentasi, konsumsi, peralatan dan penerimaan peserta PKM.

Dalam pemberian materi ilmu kewirausahaan yang diberikan berupa kisah Sukses beberapa orang yang sukses dalam berwirausaha serta diskusi dan tanya jawab yang dilakukan saat kegiatan berlangsung dapat berguna bagi para remaja masjid Al Hikmah dalam meningkatkan keterampilan dan keilmuan mengenai kewirausahaan, sehingga dapat menjadikan remaja masjid Al Hikmah menjadi lebih termotivasi untuk dapat belajar berwirausha.

Selain pemberian materi dan motivasi, tim PKM juga mengadakan praktek dan simulasi cara dagang serta bahasa dalam menjual produk, karena generasi Muda saat ini sudah sepatutnya mempunyai keilmuan, keterampilan dan wawasan mengenai kewirausahaan, karena produk-produk luar negeri sudah menjamur di masyarakat, sehingga generasi wirausaha muda harus selalu siap bersaing dengan produk luar negeri yang sudah menguasai produk di dalam negeri.

Selanjutnya tim PKM Dosen Unpam memberikan Bimbingan dalam menjalankan bisnis sampai remaja masjid benar-benar dapat memulai dan menjalankan usahanya. Bimbingan ini berupa arahan bagaimana harusnya memulai usaha, kapan harus memulainya, dimana bahan baku didapat, cara pemasaran dan bagaimana produk laku serta bagaimana cara mendapatkan laba yang maksimal.

Pemberian Motivasi dan ilmu kewirausahaan yang diberikan oleh dosen-dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari sikap yang ditunjukkan oleh kalangan remaja dalam penyuluhan yaitu remaja masjid Al Hikmah dapat antusias mengikuti rangkaian kegiatan acara dari awal sampai akhir serta saat tanya jawab dan kuis, remaja masjid dengan semangatnya bertanya pada sesi tanya jawab dan menjawab kuis-kuis yang diberikan oleh dosen-dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *