KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pemberdayaan Peran Pemuda Melalui Organisasi Karang Taruna

Untuk meningkatkan peran pemuda di masyarakat khususnya dalam mengelola organisasi karang taruna, tim dosen pengusul pengabdian kepada masyarakat universitas pamulang yang diketuai oleh Dira Karlina, S.Sos. M.M. melakukan kegiatan penyuluhan di RW 11, Pengasinan, Bogor, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini, tim memberikan wawasan kepada pemuda pentingnya kegiatan fungsi kontrol terhadap seluruh aktifitas yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis serta mendorong tokoh masyarakat untuk ikut berperan aktif mendukung program kerja Karang Taruna.

Mengingat sejauh ini organisasi ini baru dihidupkan kembali sejak sekian lama vakum dari aktifitas. Padahal berdasarkan Permendagri no 5 tahun 2007 telah dijelaskan bahwa Karang Taruna adalah Lembaga Kemasyarakatan yang merupakan Pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa /kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial, yang secara fungsional di bina dan di kembangkan oleh Departemen sosial. 

Tidaklah mudah untuk dapat terus mempertahankan eksistensi pemuda karang taruna di masyarakat. Sejauh ini, Permasalahan utamanya adalah banyak dari kepengurusan yang baru ini minim pengalaman dalam berorganisasi sehingga mengalami kendala dalam pengelolaan organisasi serta segala hal yang berkaitan dengan manajemennya.

Untuk itu, tim yang hadir menjadi mediator dalam pengembangan program-program yang sudah disusun Karang Taruna Kelurahan Pengasinan khususnya RW.11 ini, ataupun menjadi pendamping dalam pengembangan program kegiatan. Penyuluhan dilakukan bagaimana mengelola keuangan dan bisnis pada karang taruna secara optimal agar pemanfaatannya tepat guna sehingga dapat meningkatkan peran karang taruna / pemuda di masyarakat.

Hasil pendampingan dan penyuluhan dalam kegiatan PKM ini adalah adanya pengalaman dan pengetahuan manajemen yang diperoleh oleh peserta pemuda Karang Taruna RW 11, Pengasinan, Bogor, Jawa Barat. Yaitu Optimalisasi asset untuk bisnis, Peran Strategis komunitas, Konsep Bisnis,  Faktor Produksi, Bisnis & kewirausahaan, serta Identifikasi Kesempatan dan resiko. 

Kedepan, tim menginginkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat dilanjutkan pada periode berikutnya dengan memberikan pendampingan / konsultansi dan evaluasi terhadap pilot project yang dilakukan oleh team karang taruna RW. 11. Pengasinan Bogor ini.