KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Publikasi Karya Ilmiah Sebagai Wujud Pengembangan Keprofesionalan Berlanjutan

Pamulang, Perkembangan arus globalisasi berkembangan cepat menuntut setiap negara untuk mempersiapkan dan menyesuaikan disegala bidang. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan, yang notabenya merupakan motor utama penggerak kemajuan suatu bangsa, maka dari itu seorang pendidik hendaknya terus meningkatkan tingkat Pengembangan keprofesionalan Berkelanjutan (PKB).

Terdapat komponen-komponen dalam menunjang PKB diantaranya pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Ketiga komponen tersebut merupakan suatu program keberlanjutan dalam upaya mencapai standar kompetensi profesi. Selali itu program PKB juga berdampak pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat guru. Hal ini tentunya menjadi perhatian, bahwa urgensinya bukan hanya untuk kenaikan angka kredit saja, namun bagaimana seorang guru mampu terus berupaya untuk meningkatkan kulitas pembelajaran. Namun yang menjadi kendala kebanyakan guru ialah kurangnya pemahaman dan tatacara publikasi ilmiah

Atas dasar tersebut, tim dosen Pendidikan Ekonomi Unpam, menginovasi Pengabdian Kepada Masyarakat yang berbeda dari PKM lainnya. PKM yang berjudul “Publikasi Karya Ilmiah Sebagai Wujud Pengembangan Keprofesionalan Berlanjutan” merupakan bentuk kepedulian para dosen Pendidikan Ekonomi untuk membantu guru dalam menghasilkan karya yang nantinya dapat diterbitkan ke jurnal nasioanal maupun internasional.
Berarti jelas di sini sasaran PKM kali ini ialah para pendidik yang merupakan garda terdepan dalam membangun suatu bangsa, maka tim dosen melaksanakan PKM di SMP Nurul Hidayah Bojongsari Depok selama tiga hari yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 November 2019. Peserta yang mengikuti sebanyak 18 guru yang mengampu di jenjang menengah yakni SMP Nurul Hidayah.

 

 

Adapun materi yang diberikan lebih menekankan pada bagaimana teknik penyusunan jurnal, dan tips serta trik dalam penerbitan jurnal baik dalam jurnal nasional maupun jurnal internasional. Sebagai pemateri dalam PKM kali ini ialah Bapak Kusworo, S.Pd., M.Pd yang membawakan materinya dengan luwes sehingga banyak guru yang termotivasi untuk menerbitkan jurnal.

Ketua Pelaksanaka PKM Bapak Kusworo yang merangkap sebagai narasumber mengatakan bahwa “Melalui PKM ini, kita mulai membangun ke ranah yang lebih luas, yakni mengenai publikasi karya ilmiah, harapannya tentu saja supaya tulisan-tulisan bapak/ibu guru dapat secara sistematis dikenal oleh khalayak umum, kita mulai dari tingkat SMP untuk mengenalkan pada guru bahwa tugas guru tdak hanya mengajar dan mendidik saja, namun di satu sisi tugas guru ialah terus megembangkan diri dengan menulis dan dipublishkan”

Evi Juliana, salah satu guru yang mengikuti PKM ini juga mengatakan “PKM kali ini betul-betul sangat menyadarkan kami akan pentingnya eksistensi dengan cara menulis dan diterbitkan, banyak sekali manfaat dan dapat digunakan sebagai ajang pembuktian bahwa kami yakni guru pada khususnya juga ikut andil dalam memberikan sumbangsih berupa karya ilmiah”.

Semoga kedepan PKM ini dapat berlanjut dan sasarannya semakin luas supaya para guru lebih memperhatikan publikasi karya ilmiah sebagai sumbangsih dalam dunia pendidikan melalui jalur Peningkatan Keprofesionalan Berkelanjutan.

Sumber: peko.unpam.ac.id