KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Dosen UNPAM Gelar PKM PPR Akad Murabahah

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Para civitas akademika yang terdiri dari para dosen Universitas Pamulang (Unpam) dan Mahasiswa Unpam melaksanakan salah satu dari 3 Tridharma Pergurunan Tinggi, yaitu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tema yang diangkat yaitu “Pelatihan dan Penyuluhan Akuntansi Syariah pada Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) dengan Akad Murabahah”. Kegiatan ini diadakan di Balai Warga Perumahan Pamulang Elok RW14, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok. Mitra dalam program pengabdian ini adalah para ibu yang merupakan warga masyarakat yang  tergabung  dalam Program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW14 Pamulang Elok.

Ketua Pengusul Kegiatan PKM, Tsarina Zenabia menjelaskan, berdasarkan  permasalahan yang dihadapi mitra, yakni sulitnya proses pengajuan (Kredit Perumahan Rakyat) KPR di Bank, dan bunga KPR yang tinggi, serta cara perhitungan bunga KPR menggunakan perhitungan angsuran secara  Anuitas maupun angsuran Flat/ Tetap.

Pada kegiatan pengabdian ini warga masyarakat Pamulang Elok, khususnya anggota PKK juga diberikan pengetahuan dan informasi seputar sistem operasional perbankan yang ada di Indonesia, yaitu Bank Konvensional dan Bank Syariah, sehingga dalam kaitan dengan pengajuan proses KPR warga masyarakat Pamulang Elok dapat dilakukan pada Bank Konvensional maupun Bank Syariah. Pada kesempatan ini juga dijelaskan dan diberikan simulasi perhitungan nisbah angsuran dengan sistem Anuitas maupun Flat /Tetap.

“Jenis kontrak/ Akad Murabahah yaitu Akad Jual Beli pada Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah yang menggunakan prinsip syariah Islam yang dihalalkan sehingga terhindar dari unsur  bunga/Riba yang diharamkan dalam Islam, Pencatatan Akuntansi Syariah baik dari sisi penjual/ bank maupun pembeli/nasabah,” paparnya.

Tsarina menuturkan, tujuan diadakan kegiatan PKM pada Ibu-ibu PKK Pamulang Elok RW 014 adalah agar warga Pamulang Elok dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hal papan atau rumah tinggal. terkait dengan hal tersebut pemerintah pun menuangkan dalam bentuk Undang-undang Republik Indonesia No1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan sebagai perwujudan Nawacita butir kedua Program Nasional Pembangunan 1 (satu) juta Rumah.

“Sebelum kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan, para dosen melakukan observasi dan menganalisa situasi serta hal-hal terkait informasi yang dibutuhkan oleh ibu PKK warga Pamulang Elok,” jelasnya.

Aspek yang digunakan yaitu teoritis dan kognitif. Aspek teoritis dilakukan dengan memberikan ilmu pengetahuan berkaitan dengan aqidah muamalah yaitu akad murabahah/ akad jual beli yang digunakan dalam PPR. Aspek kognitif juga dinilai dari peserta pelatihan dengan memberikan pertanyaan seputar kegiatan pelatihan dan penyuluhan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan warga terkait tatacara pengajuan PPR Syariah, perhitungan dan pencatatan akuntansi syariahnya.

“Hasil evaluasi pelatihan menggambarkan peningkatan dalam hal pengetahuan tentang aqidah muamalah, akad murabahah, bunga dan riba dan kaitannya dengan haram, bank syariah dan pencatatan akuntansi syariah,” tegasnya.

PKM ini dilaksanakan oleh Tim Dosen Universitas Pamulang dan juga sebagai narasumber yang tergabung dalam Prodi S1 Akuntansi dan Manajemen, yakni Tati Rosyati, Fina Fitriyana, Anum Nuryani dan Yolanda Gusvia Putri (sebagai Anggota), serta ke 3 mahasiswa yang terlibat yakni, Adhitya Septi Dewanti, Agnes Selviana SK, dan Wina Mutmainah. (rd)

Sumber : radardepok.com