KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Yang Cantik, Yang Berkarya (PKM Bersama LKP DINA Depok)

Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM ini merupakan salah satu perwujudan dedikasi dosen kepada masyarakat sebagai upaya turut membangun kehidupan masayarakat agar lebih berkualitas seutuhnya. Berbagai metode dilakukan dalam melaksanakan kegiatan PKM mulai dari pemberian motivasi hingga pelatihan-pelatihan baik yang menghasilkan produk maupun yang tidak menghasilkan produk.

Seperti yang dilakukan oleh Ibu Soffi Soffiatun salah satu Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Bapak Saiful Anwar, S.Pd.,SE.,M.Pd selaku Kaprodi Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang yang beberapa waktu lalu telah melakukan kegiatan PKM yang bertempat di LKP DINA Depok dengan tema Pelatihan Peluang Usaha Jasa Salon Tata Kecantikan dan Tata Rambut Bagi Pemula di LKP DINA Depok. Yang mana  keduanya berperan sebagai naras umber bidang kewirausahaan. Dalam kegiatan PKM ini di pilih tempat di LKP DINA Depok karena selain sebagai Mitra Kerja Sama Prodi, Pendidikan Ekonomi LKP DINA dinilai memiliki eksistensi dan kontribusi yang nyata kepada masayarakat khususnya Ibu-ibu dan remaja putri dalam memberikan pelatihan gratis rumpun seni melalui pelatihan Usaha Jasa Salon Tata Kecantikan dan Tata Rambut.

Sasaran dari pelatihan ini adalah masyarakat yang digolongkan masyarakat kurang mampu dan tidak memiliki keterampilan khusus serta tidak memiliki pendapatan. Adapaun peserta pealtihan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari Ibu-ibu dan Remaja putri dnegan kategori usia min 19 tahun dan maksimal 40 tahun,  merupakan warga masyarakat yang ada di lingkungan Kec. Pancoranmas Depok.

Peserta Sedang Mengerjakan Pretest Materi Kewirausahaan

Pada PKM ini Materi kewirausahaan menjadi salah satu materi yang utama dan masuk dalam kurikulum LKP DINA. Materi Kewirausahaan diberikan dengan tujuan agar pengetahuan dan pemahaman peserta pelatihan dapat diperoleh dengan baik sehingga dapat mendukung dalam menjalankan usahanya kelak bila selesai mengikuti pelatihan di LKP DINA Depok.

Pada kegiatan PKM ini materi Kewirausahaan diberikan selama 4 kali pertemuan dengan waktu 90 menit untuk 1 kali pertemuan, Adapun materi yang diberikan meliputi: 1) Mengenali Potensi Diri, Peluang Usaha dan Analisis Lingkungan, 2) Aneka Produk Bisnis Jasa Salon Kecantikan, Harga dan Pengelolaan Keuangan Bisnis Jasa Salon Kecantikan, 3) Promosi dalam bisnis jasa salon kecantikan, Attitude dalam bisnis jasa salon, 4) Proses Pengelolaan bisnis jasa salon kecantikan, Phsycal Evidence dalam bisnis jasa salon kecantikan. Pemberian pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2019.

Peserta Praktek Tata Rias Kecantikan

 

Pelatihan ini merupakan pelatihan berkelanjutan hingga pembentukan kelompok usaha Jasa Salon Kecantikan untuk alumni, yang kemudian akan diberikan pendampingan usaha selama 1 tahun.