PKM Dosen Unpam Perkenalkan E-Markeplace Pada Usaha Kecil

Teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh beberapa usaha diantaranya adalah sistem informasi mengenai penjualan barang. Sistem informasi ini sangat penting karena informasi mengenai penjualan barang dapat mendukung kegiatan operasional usaha dan dapat mengefisienkan waktu yang dibutuhkan untuk proses penerimaan dan pengeluaran barang.

Hal itu diungkapkan oleh Dede Hendra, Dosen Universitas Pamulang saat melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di wilayah Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

“Dengan sistem teknologi tersebut penjual tidak harus memiliki off store langsung untuk menjual barang dagangannya. Adapun sistem tersebut disebut E-Marketplace,” ujarnya, kemarin.

E-Marketplace, sambungnya, merupakan pasar elektronik yang melakukan kegiatan menjual dan membeli barang atau jasa. Perkembangan E-Marketplace di Indonesia sangat pesat, sehingga banyak sekali usaha-usaha baru yang muncul karena lahirnya E-Marketplace seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, Blanja, Jd.id, Akulaku, Qlapa dan lainnya.

“Di dalam marketplace terdapat sebuah tempat berupa website yang didalamnya ada program e-commerce yaitu caht dimana pembeli tidak harus menghubungi pemilik toko tersebut terlebih dahulu,” paparnya.

Dengan demikian, kehadiran marketplace sekarang ini banyak membantu kebutuhan masyarakat. Terutama untuk para pengusaha, semua pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya termasuk pelaku usaha kecil dan menengah, sekalipun bisa memanfaatkan sistem tersebut sehingga usaha yang dikelolanya dapat dipasarkan ke seluruh wilayah tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

“Saat ini marketplace berperan penting untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi penjual dan pembeli. Untuk itu, kami Dosen Universitas Pamulang dan Yayasan Sasmita Jaya beserta karyawan dan mahasiswa mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM),” terangnya.

Kegiatan PKM dengan tema “Perancangan dan Penerapan E-Markeplace Pada Usaha Kecil dan Menengah” bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Nantinya mereka akan memberikan pelatihan kepada Ketua Rukun Warga di Kelurahan Depok Jaya.

“Kegiatan PKM ini berjalan sukses atas bantuan dari Yayasan UNPAM serta tim dosen yang terdiri dari Ani Meryati, Siti Aprilliani, Entis Sutrisna, Nardiono, dan dibantu juga oleh para mahsiswa Aris Taupik Hidayat (Dokumentasi), Muhamad Pandi (Fasilitator), Prima Novia Ningrum (Konsumsi), Nunung Mufaridah dan Annisa Zulfiana (Acara),” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

Sumber: jurnaldepok.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *