OPINI OPINI 2019

Karakter Kebangsaan Dalam Peringatan Sumpah Pemuda

Hari ini tepat 91 Tahun lalu terjadi sebuah peristiwa besar dalam sejarah berdirinya bangsa Indonesia, dimana terjadi sebuah gerakan moral yang dilakukan oleh para pemuda dengan janji dan ikrar yang suci akan bersatunya bangsa ini dalam satu balutan tanah air, bangsa, dan bahasa.

Sumpah pemuda itulah sebuah nama dan bukti nyata peranan pemuda dengan semangat juang yang membara untuk menghilangkan penindasan para penjajah serta memperjuangkan dan meraih kemerdekaan Indonesia.

Makna dari peristiwa sumpah pemuda itu dapat diartikan sebagai bersatunya bangsa untuk berjuang melawan penjajah serta cinta terhadap tanah air, bangsa, dan bahasa.

Di era sekarang ini obor sumpah pemuda harus terus membara di para pemuda Indonesia. Hal ini setidaknya dapat dilakukan dengan mengembangkan konsep karakter dan wawasan kebangsaan.

Konsep tersebut melihat bahwa cara perilaku dan sudut pandang bangsa Indonesia yang menjadi ciri khas warga negara untuk hidup dan bekerja sama dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI guna mewujudkan cita-cita dan tujuan negara.

Setidaknya ada 3 karakter kebangsaan yang harus dimiliki oleh para pemuda Indonesia saat ini, diantaranya:

Pertama ialah Integritas, bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus memiliki sikap konsisten antara yang dikatakan dan diperbuat, berkata dan berlaku jujur, serta berpegang teguh dengan kebenaran sesuai moral dan etika.

Sikap ini menjadi penting melihat apa yang terjadi pada bangsa kita saat ini contohnya saja praktek korupsi yang semakin hari semakin mengakar di segala lini pemerintahan. Masalah ini harus dapat terselesaikan dengan memiliki sikap integritas terhadap tugas dan tanggung jawab yang di embannya.

Kedua ialah Etos Kerja, sikap ini melihat bahwa bangsa Indonesia harus berorientasi pada hasil terbaik, optimis, kreatif, inovatif, serta produktif.

Hal ini perlu dimiliki oleh para pemuda melihat kedepan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan berdaya saing serta siap berkompetitor bukan hanya dengan bangsa sendiri akan tetapi dengan bangsa lain.

Dan Ketiga ialah Gotong Royong, bahwasannya pentingnya melakukan kegiatan secara bersama-sama secara sukarela agar kegiatan yang sedang dikerjakan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Bung Karno pernah berkata “Bangsa ini harus dibangun dengan mendahulukan pembangunan karakter (character building), karena inilah yang akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar, maju dan jaya, serta bermartabat. Kalau character building ini tidak dilakukan, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa kuli”.

Oleh karena itu marilah kita para pemuda untuk terus mengembangkan konsep karakter dan wawasan kebangsaan mengingat tantangan kedepan terhadap bangsa ini bertambah besar bukan hanya dari internal dalam negeri akan tetapi eksternal pun turut memberikan pengaruh yang besar bagi bangsa ini.

Majunya bangsa ini ada ditangan kalian, wahai para pemuda Indonesia. (*)

Penulis :
Bima Guntara
(Dosen Ilmu Hukum Universitas Pamulang)

Sumber: satubanten.com