KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pemanfaatan Limbah Gelas Air Mineral sebagai Bahan Dasar Bunga Hias yang Cantik dan Menarik di PKBM Negeri 26 Bintaro

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Manajemen, metode kita adalah mendatangi sekolah PKBM Negeri 26 Bintaro yang beralamt Jl. Bintaro Permai III/30B, Kel. Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan dan memberikan pelatihan disana pada tanggal 24-26 Oktober 2019. Pelatihan ini bertujuan agar siswa dan siswi yang bersekolah di PKBM Negeri 26 Bintaro khususnya pada program PKBM dapat meningkatkan jiwa wirausaha melalui kegiatan meningkatkan kreativitas dengan menggunakan bahan sisa dan limbah yang tidak terpakai.

 

 

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan bagi Para Peserta (Siswa/siswi) PKBM Negeri 26 Bintaro agar mereka memiliki jiwa wirausaha sebagai bekal kelak kehidupan mereka di masa yang akan datang, karena dewasa ini tidak hanya dibutuhkan skill dalam dunia kerja, namun bagaimana mengajarkan mereka agar dapat survive dengan keahlian yang mereka miliki.

Dewasa ini masalah sampah terlihat begitu pelik dalam penanganannya, pemandangan sampah telah menjadi pandangan kita sehari-hari. Namun belum juga mendapatkan jalan keluar yang terbaik dalam menangani masalah sampah ini. Teknologi begitu melaju dengan pesat namun penanganan dari sisa teknologi ini, khususnya sampah yang begitu sulit untuk terurai, yakni sampah berbahan plastik belum tertangani secara maksimal. Setiap hari kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang dibungkus oleh plastik, bungkus plastik tersebut biasanya hanya untuk sekali pakai saja, lalu dibuang. Hal itu menyebabkan limbah plastik bekas makanan maupun minuman di sekitar kita semakin meningkat. Bertambahnya jumlah sampah menyebabkan dampak yang cukup buruk kepada lingkungan. Sampah dalam bentuk plastik cukup susah diuraikan.

 

 

Penelitian menunjukkan bahwa sampah plastik akan terurai dalam jangka waktu 50 juta tahun. Bayangkan, apabila hal ini tidak ditangani maka bumi akan menjadi tempat tinggal yang terbentuk dari sampah dan  barang tidak berguna. Berdasarkan uraian di atas, sudah seharusnya ada suatu cara untuk mengolah atau memanfaatkan limbah plastik bekas tersebut. Dalam pengolahannya, kita dapat memikirkan aspek ekonomisnya dan juga daya guna, agar kita terpicu untuk terus melakukan recycle atau mendaur ulang limbah plastik khususnya limbah kemasan gelas plastik untuk menyelamatkan eksistensi kebersihan bumi tercinta ini.

Dalam program PKM yang akan kami laksanakan terdapat beberapa masalah  antara lain sebagai berikut :

  1. Bagaimana mengolah limbah gelas air mineral ?
  2. Bagaimana cara membuat karya bunga hias yang berasal dari limbah gelas air mineral tersebut?
  3. Bagaimana cara memasarkan hasil produk bunga hias tersebut?

Hasil Kegiatan Pelatihan

Berdasarkan wawancara, tanya jawab dan pengamatan langsung selama kegiatan berlangsung, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memberikan hasil sebagai berikut :

  1. Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa terkait pemanfaatan limbah gelas air mineral sebagai bahan dasar pembuatan bunga hias yang cantik dan menarik.
  2. Meningkatnya jiwa wirausaha para siswa dengan cara memanfaatkan limbah gelas air mineral sebagai bahan dasar pembuatan bunga hias yang cantik dan menarik.