Edmodo Sebagai Salah Satu Inovasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Kebangsaan Pondok Aren

Dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan kali ini dilaksanakan di SMP Kebangsaan Pondok Aren pada tanggal 24-26 Oktober 2019. Kegiatan ini bertemakan “Pelatihan EDMODO untuk Proses Pembelajaran Lebih Interaktif dan Terorganisir Bagi SMP Kebangsaan Pondok Aren“.

Di hari pertama, diadakan sosialisasi kepada guru-guru SMP Kebangsaan Pondok Aren tentang e-learning dan platform e-learning EDMODO oleh tim PKM yang diketuai oleh Ines Heidiani Ikasari, S. Si., M. Kom.. Sosialisasi ini dilakukan mengingat guru-guru di SMP Kebangsaan ini belum mengenal tentang platform EDMODO ini yang sangat berguna dalam mempermudah guru-guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Dengan penggunaan platform EDMODO ini, guru-guru dapat memberikan inovasi dalam proses pembelajaran mereka di kelas maupun di luar kelas kepada murid-murid mereka. Dikarenakan EDMODO ini merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efisien untuk para peserta didik dan pendidik. Para guru dapat memberikan bahan ajar, seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Platform EDMODO ini juga dapat memudahkan dalam pelaksanaan ujian maupun quiz.

 

Pada hari kedua, dilakukan sosialisasi EDMODO kepada para orang tua/wali murid-murid SMP Kebangsaan. Sosialisasi ini juga diberikan kepada orang tua, dikarenakan platform ini juga dapat diakses oleh orang tua. Orang tua dapat memantau kegiatan belajar anakanya yang dilakukan di EDMODO ini. Dengan begitu orang tua dapat lebih memahami potensi anak dalam belajar, sehingga dapat mengambil langkah lebih awal dalam menentukan masa depan anak-anak mereka.

Pada hari ketiga, dosen-dosen dan mahasiswa/i PKM Teknik Informatika mengajarkan inovasi pembelajaran menggunakan EDMODO dan melakukan simulasi kelas e-learning kepada para murid perwakilan dari SMP Kebangsaan Pondok Aren. Para murid sangat antusias mengikuti langkah-langkah yang diajarkan dari awal hingga akhir.

Keberhasilan e-learning ditunjang dengan adanya interaksi maksimal antara pendidik dan peserta didik ditambah dengan bantuan orang tua yang dapat memantau proses pembelajaran anak. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam era revolusi industri 4.0 pasti akan terus berkelanjutan. Dalam dunia pendidikan pun pasti akan terus berkembang seiring dengan perkembangan ICT yang ada. Diharapkan para pendidik (termasuk orang tua) dan para peserta didik dapat ikut terus mengembangkan proses pembelajaran yang ada, sehingga kualitas hasil belajar pun dapat terus ditingkatkan.

Sumber : informatika.unpam.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *