KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Dosen UNPAM Ajarkan Generasi Muda untuk Tidak Takut Menjadi Pengusaha Muda

Para Dosen Manajemen Unpam (Universitas Pamulang) fakultas Ekonomi  melaksanakan tugas salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dimana pada kegiatan kali ini di lakukan di SMK Sasmita Jaya 1, Tangerang Selatan dimana sasaran utama peserta PKM adalah siswa/i kelas XII yang akan segera lulus dan menghadapi persaingan kerja saat ini. 

Tujuan utama dari pelaksanaan PKM ini adalah meningkatkan motivasi generasi muda agar kedepannya tidak lagi bingung mencari kerja. “kreatifitas dan inovasi adalah hal yang diperlukan bagi pengusaha” tegasnya dalam memberikan info kepada peserta pkm. 

PKM ini bertema kan “Pembekalan Ilmu Kewirausaha untuk Generasi Muda dalam Persaingan Ekonomi Global” diisi dengan diskusi mengenai bagaimana cara memulai usaha yang baik dan ilmu yang digunakan dalam berwirausaha. “Berwirausaha bisa dimulai dengan hobi atau berwirausaha tanpa modal yaitu dengan cara menjadi reseller” ujar salah satu dosen Unpam yaitu Jeni Irnawati, S.E., M.M. yang juga menjadi ketua PKM. 

Pada Pkm kali ini, dosen Unpam juga mengajak mahasiswa Unpam yang saat ini mempunyai usaha dibidang ikan hias yaitu Rendy. Rendy memulai usaha nya dari usia 9tahun berawal dari kesukaannya terhadap ikan hias rendy berhasil mencipatakan warna-warna yang bagus sehingga ikan tersebut bisa dijual kepada para pecinta ikan. Selain itu dihadirkan juga mahasiswi Unpam yaitu aisah dimana ia memiliki usaha minuman mangga jelly dan strawberry jelly.  Dengan diberikan nya contoh para mahasiswa unpam memberikan semangat kepada para peserta PKM. 

“Jadilah pedagang sebagaimana yang diajarkan rasulullah saw, ujar salah satu dosen Unpam Hadijah Febriana, S.E., M.M. yang juga sebagai Narasumber trntang ilmu kewirausaha. 

Dengan diadakan nya PKM ini, terlihat para peserta lebih antusias dalam mencoba berwirausaha disamping itu mereka juga melihat peluang yang ada seperti tempat yang dekat dengan kampus Unpam mereka bisa mencoba usaha disekitar kampus dan hal ini diungkapkan langsung oleh salah satu peserta PKM saat sesi diskusi. 

Dosen Unpam berharap kegiatan PKM ini bisa memotivasi para generasi muda untuk bisa lebih kreatif dan inovasi sehingga mereka bisa bersaing dalam ekonomi global saat ini. Dan harapan kami dengan banyaknya pemuda yang berwirausaha akan berdampak pada berkurangnya pengangguran dan bisa juga membuka lapangan pekerjaan sehingga bisa membantu orang lain.

Sumber : kompasiana.com