KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Bimbingan Teknis Manajemen Penjualan Melalui E-Commerce Kepada IKM / UMKM Koperasi Patih Sejahtera Mandiri di Kelurahan Cempaka Putih

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat. Dalam kondisi sosial dan ekonomi yang sangat diwarnai oleh peranan dunia usaha, maka mau tidak mau peran dan juga kedudukan koperasi dalam masyarakat akan sangat ditentukan oleh perannya dalam kegiatan usaha (bisnis). Bahkan peran kegiatan usaha koperasi tersebut kemudian menjadi penentu bagi peran lain, seperti peran koperasi sebagai lembaga sosial sehingga sistem koperasi perlu ditingkatkan dan terus berusaha mengatasi hambatan atau kekurangan kekurangan serta keterbatasannya, salah satunya adalah penerapan teknologi informasi.

 

Berdasarkan hasil survey pendahuluan berupa  wawancara, observasi, serta Fokus Group Diskusi (FGD) dengan Lurah Cempaka Putih Ciputat Timur, Bapak Tarmizi, S.Ag., MM dan Ketua Koperasi Patih, Drs. Iskandar Yaksimu, di mana Koperasi Patih memiliki anggota kurang lebih 180 IKM/UMKM dengan berbagai bidang kegiatan usaha, yang pada umumnya kegiatan penjualan produk barang dan atau jasa dilakukan melalui offline dan beberapa IKM/UMKM telah melakukan kegiatan penjualan melalui online / e-commerce baik kepada pelanggan di dalam negeri maupun luar negeri (ekspor).

Untuk itu dosen-dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, yaitu Dr. Yayan Sudaryana, MM, Dr. Masno Marjohan, MM, Dr. Khayatun Nufus, MSi., Jeni Andriani, SE, MM, dan Ir. Maswarni, MM  mengadakan mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  (PKM) dengan judul “Bimbingan Teknis Manajemen Peningkatan Penjualan Melalui E-Commerce Kepada  IKM/UMKM Koperasi Patih Sejahtera Mandiri di Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten”, yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Oktober 2019 bertempat di Ruang Serbaguna Kelurahan Cempaka Putih Ciputat Timur.

 

E-commerce di Indonesia banyak menarik perhatian dari masyarakat tidak terkecuali anggota koperasi Patih Sejahtera Mandiri di Kelurahan Cempaka Putih Ciputat Timur selaku pelaku usaha dalam melakukan transaksi perdagangan, baik perdagangan konvensional maupun perdagangan melalui online atau e-commerce ( perdagangan elektronik), yaitu 1). UU no. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan, bahwa perdagangan melalui sistem elektronik adalah perdagangan yang transaksinya dilakukan melalui serangkaian perangkat dan prosedur elektronik, dimana setiap pelaku usaha wajib menyediakan data dan/atau informasi secara lengkap dan benar, paling sedikitnya memuat :a. Identitas dan legalitas pelaku usaha sebagai produsen atau distribusitor, b. Persyaratan teknis barang yang ditawarkan, c. Harga dan cara pembayaran, d. Cara penyerahan barang. 2). UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, antara lain bahwa pelaku usaha dalam menawarkan barang dan/atau jasa yang ditujukan untuk diperdagangkan dilarang menwarkan, mempromosikan, mengiklankan atau membuat pernyataan yang tidak benar atau menyesatkan mengenai tawaran potongan harga atau hadiah menarik yang ditawarkan.

Selanjutnya jika melanggar maka dipidana paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda Rp. 2 milyar. 3). UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagaimana telah diubah oleh UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) antara lain bahwa Setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik, dipidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda Rp. 1 (satu) Milyar. 4). UU No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi, bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.