KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Implementasi Penetapan Strategi Pemasaran Dalam Rangka Peningkatan Volume Penjualan

RADARDEPOK.COM, DEPOK –  Para civitas akademika yang terdiri dari para Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) dan Mahasiswa Unpam melaksanakan pengabdian nilai-nilai luhur kemasyarakatan berupa kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema “Implementasi Penetapan Strategi Pemasaran Dalam Rangka Peningkatan Volume Penjualan”. Bertempat di Gedung Balai Pelatihan Koperasi Kota Depok, mitra dalam program pengabdian ini adalah para produsen hasil olahan pertanian di wilayah Kecamatan Sukmajaya yang tergabung dalam komunitas Usaha Kecil Menengah Pertanian (UKMP). Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra, yakni pemasaran offline dan pemasaran online maka diberikan solusi yang tentunya tujuannya agar omset bisa meningkat.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Vivi Iswanti Nursyirwan menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah agar para civitas akademika dapat membantu para pelaku UKMP untuk dapat menetapkan strategi pemasaran yang tepat, yang pada akhirnya akan memengaruhi sales volume/volume penjualan juga kemampuan para pelaku UKMP agar jauh lebih berdaya saing dalam industri.

Sebelum kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan, para dosen melakukan observasi dan menganalisis situasi serta kebutuhan yang dibutuhkan oleh para pelaku UKMP. Hasil observasi menyatakan bahwa para pelaku usaha UKMP sangat membutuhkan ilmu yang berkaitan dengan pemasaran, baik secara konvensional/offline marketing, maupun pemasaran secara online. Beberapa pelaku usaha mengeluhkan soal penjualan produk yang menurun saat ini, banyaknya kompetitor yang menggunakan layanan online juga berdampak terhadap penjualan para pelaku usaha.

“Selain online marketing, mereka juga masih belum maksimal dalam hal pemasaran secara offline. Terdapat banyak kendala diantaranya ketidakpahaman ilmu pemasaran sebagai bagian dari ilmu manajemen, selain ilmu manajemen itu sendiri yang belum dikuasai secara optimal dari para pelaku usaha,” terangnya.

Vivi menambahkan, adapun para pelaku UKMP disini merupakan produsen jamu kunyit asam, produsen siomay, produsen dimsum, produsen peyek kacang, produsen empek-empek, produsen makanan tradisional, produsen sari lemon, produsen kembang goyang, dan masih banyak lainnya. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan penekanan pada aspek teoritis dan praktis. Aspek teoritis, dilakukan dengan memberikan paparan ilmu berkaitan dengan pentingnya manajemen, maupun pentingnya manajemen pemasaran. Saat acara berlangsung Tim Dosen juga sudah membagikan kuesioner yang dapat menilai aspek kognisi dari peserta pelatihan. Hasil evaluasi kuesioner menggambarkan bahwa terdapat peningkatan aspek kognitif dari peserta pelatihan.

“Hasil evaluasi pelatihan juga menggambarkan bahwa terdapat peningkatan aspek keterampilan bagi para peserta UKMP yang mengikuti pelatihan kegiatan pemasaran baik secara offline maupun online,” tuturnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh Tim Dosen Universitas Pamulang, yakni Vivi Iswanti Nursyirwan, Sasmita Sari Ardaninggar, Dewi Rani Gustiasari, Liana Dwi Septiningrum, dan Julian Muhammad, serta kedua mahasiswa yang terlibat yakni Agil Ardian dan Prams Trinofanni Pamungkas. Narasumber utama dari Unpam yakni Sasmita Sari banyak memaparkan aspek teoritis dan kajian praktis kegiatan pemasaran di dukung oleh Praktisi Digital Preneur, yakni Kenang Prasetyo. (rd)

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id