KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Dosen-Dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba di Kelurahan Jelupang, Kota Tangerang Selatan

Dalam rangka melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Team PKM Dosen-dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang mengadakan kegiatan penyuluhan hukum di Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan pada hari Senin sampai Rabu tanggal 23-25 September 2019.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengusung tema “Bahaya Narkoba di Tengah Masyarakat Pada Era Globalisasi”. Tema ini dirasa sangat penting mengingat akhir-akhir ini banyak sekali masyarakat yang terindikasi penyalahgunaan narkoba terkhusus lagi generasi muda. 

H.M. Rezky Pahlawan M. P., S.H., M.H. sebagai ketua team mengatakan bahwa peran serta semua pihak sangat diperlukan dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba ini terlebih lagi Universitas sebagai tempat berkumpulnya anak-anak muda.

“Mengamati fenomena yang ada dimasyarakat sejak dulu hingga sekarang tentang bahaya narkoba dan segala yang terkait kepadanya kami tertarik untuk mengambil hal ini menjadi objek pengabdian sebagai salah satu dari manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Civitas akademika yang merupakan komunitas keilmuan akan lebih bermakna apabila membagi ilmu pengetahuannya kepada masyarakat sekitarnya dan masyarakat bangsa Indonesia secara keseluruhan bahkan kedepannya kepada masyarakat dunia dan menjadi bagian dari mereka” Ungkapnya pada Visione.(Rabu,25/09/2019)

“Semoga dengan terjalinnya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat mampu memberi ruang yang luas bagi civitas akademika dan juga masyarakat pada umumnya agar tericptanya suatu sinergitas yang nyata antara dunia pendidikan dan kehidupan sosial di tengah masyarakat” Tambahnya.

Sambutan demi sambutan program ini tidak hanya pihak Kelurahan dan jajarannya saja, melainkan warga setempat yang diwakili oleh Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warganya.  Sementara itu Lurah Jelupang Taram Amarudin, S. Sos menyinggung bahaya narkoba di tengah masyarakat saat ini. Menurut beliau masyarakat dapat ikut mengawasi terhadap kegiatan yang terindikasi penyalahgunaan narkoba.

“Masyarakat dapat memberikan input dan masukan atau mencurahkan keluhan-keluhan, persoalan-persoalan yang pernah ada, sedang berlangsung dan yang kemungkinan akan timbul dikemudian hari tentang bahaya narkoba dan tidak menutup kemungkinan aka nada issue lain yang diangkat”. Ungkapnya kepada Visione.

“Selain itu kerjasama dengan civitas akademika juga sangat penting , dimana ini kemudian menjadi bahan pemikiran bagi Civitas akademika untuk mencarikan solusinya yang pada akhirnya memperkaya khazanah keilmuan, diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dengan baik. Relasi dua pihak yaitu Civitas akademika dan masyarakat adalah hubungan Simbiosis Mutualisma, saling membutuhkan satu sama lain perlu dibina dan dijaga guna mencapai keadilan dan kesejahteraan bagi bangsa”Pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh hampir seluruh warga Kelurahan Jelupang. Terlihat semua peserta serius menyimak paparan yang disampaikan oleh narasumber.

Sumber : visione.co.id