KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Consolidation Of Poetry, Story Telling, Spelling Bee And Speech For Their Competition

Bogor- Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris para pelajar dilakukan di Kampung Inggris jampang English Village di Bogor dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pelatihan yang dipimpin oleh Tito Dimas Atmawijaya, S.Pd., M.Hum itu membawa pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Hadir dalam pelatihan tersebut dosen bahasa Inggris dari Universitas Pamulang, yaitu Erni S, Anita Sari, Laksmy, dan Purwanti Taman serta beberapa mahasiswa dari Universitas Pamulang. Pelatihan yang membawa tema “consolidation of poetry, story telling, spelling bees, and speech” itu dibagi menjadi tiga kelompok pembelajaran; kelompok puisi , story telling, spelling bees, dan pidato dalam bahasa Inggris.

Kelompok pelatihan puisi dipimpin oleh ibu Purwanti Taman berhasil meningkatkan kompetensi mereka dalam membaca puisi bahasa Inggris. Dalam pengajarannya, beliau menggunakan teknik performa , yaitu para peserta pelatihan harus membacakan puisi yang telah dikumpulkannya dan dikoreksi pelafalan, intonasi, dan gesturnya. “Saya merasa terbantu dengan pelatihan ini karena saya jadi tahu di mana kesalahan pelafalannya”, ujar salah satu peserta yang merasa terbantu dengan pelatihan ini.

 

Gambar 2. Ibu Purwanti Taman sedang memberikan pelatihan

 

Kelompok story telling yang dipimpin oleh ibu Erni dan Ibu Anita Sari juga berhasil dalam meningkatkan kompetensi para peserta bercerita dalam bahasa Inggris. Dalam pengajarannya, mereka menyuruh para peserta untuk bercerita dalam bahasa Inggris dan dilakukan pengecekan pelafalan, intonasi, dan mimik serta gesture.  Hal ini mendapatkan apresiasi dari salah satu peserta, “saya merasa senang menghadiri pelatihan ini karena saya merasa lebih siap dalam menghadapi lomba.”

 

Gambar 3. Ibu Erni dan Ibu Anita Sari sedang memberikan pelatihan story telling

 

Kelompok spelling bees yang dinakhkodai oleh Bapak Tito Dimas Atmawijaya berhasil meningkatkan kompetensi dan rasa percaya diri mereka dalam menghadapi perlombaan. Dalam pelaksanaanya, beliau memberikan buku spelling bees digital agar mereka dapat berlatih tidak hanya di lokasi, tetapi juga di rumah. Selain itu, beliau juga mengecek performa mereka dengan menyuruh mereka untuk mengeja kata yang diberikan. “Saya sangat senang mendapatkan buku spelling bees dari Mr. Tito karena saya dapat belajar juga di rumah’, ujar salah satu peserta pelatihan.

 

Gambar 4. Bapak Tito sedang memberikan pelatihan spelling bees

 

Kelompok terakhir, yaitu kelompok pidato dalam bahasa Inggris yang dipimpin oleh Ibu Laksmy. Dalam pengajarannya, ibu Laksmy menyuruh mereka menyampaikan pidato mereka dan mengecek secara langsung jika ada kesalahan pelafalan, intonasi, dan gerak tubuh. “Saya jauh lebih siap dalam menghadapi lomba pidato yang akan datang”, ujar salah satu peserta pelatihan.

 

Gambar 5. Ibu Laksmy sedang memberikan pelatihan pidato bahasa Inggris

 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat secara signifikan diharapkan dapat membawa manfaat , khususnya bagi peserta pelatihan agar mereka lebih siap dan menjadi juara dalam perlombaan yang diikuti. Selain itu, PkM ini diharapkan dapat membawa nama Unpam agar semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarkat. (tda)

Sumber: sasing.unpam.ac.id