KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Increasing The Awareness Of Staying Healthy For Young Children At Taman Bacaan Kolong Jembatan Ciputat

Kesadaran masyarakat Indonesia yang masih rendah terhadap kebersihan ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Tim Program Pengabdian Masyarakat (PKM), Universitas Pamulang (UNPAM) yang berjumlah 5 dosen (Umi Hani, S.S., M.Pd., Haryati, S.S., M.Pd., Diyah Iis Andriani, S.S., M.Pd., Ratu Prayuana, S.S., M.Pd., dan Rahmita Egilistiani, S.S., M.Hum) dan 13 mahasiswa/i Sastra Inggris membentuk tim pengabdian masyarakat (PKM) dengan program penyuluhan materi bagaimana memberikan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan di dalam lingkungan rumah, sekolah, dan lainnya untuk anak-anak. Kelompok PKM yang diketuai oleh Umi Hani ini mengambil judul “I am Healthy (Increasing the Awareness of Staying Healthy for Young Children)” at Taman Bacaan Kolong Jembatan Ciputat. Kelompok PKM tersebut juga didampingi oleh Setiana SW. Sitepu, S.Pd., M.Pd. selaku Sekretaris Prodi Sastra Inggris. Tepatnya, PKM tersebut diadakan pada hari Minggu, pada tanggal 08 September 2019.

 

Judul PKM di TBM, Kolong Jembatan Ciputat 06 – 08 September 2019.

 

Kawan-kawan dosen yang masuk tim ini mejelaskan bahwa adanya PKM ini diharapkan dapat membekali anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat, Tangerang Selatan akan kesadaran mengenai kesehatan dan kebersihan di lingkungan anak – anak di sekitar kolong jembatan Ciputat, Tangerang Selatan. Tempat yang digunakan untuk PKM ini cukup menarik karena pengelola TBM ini memanfaatkan sebuah bangunan terbengkalai di bawah kolong jalan layang Ciputat sebagai tempat kegiatannya. Mereka mengembangkan taman bacaan menjadi program pendidikan swadaya masyarakat. Selain itu, banyak orang tua membawa anaknya ke TBM Kolong, flyover Ciputat, Tangerang Selatan. Disana anak-anak yang belajar bersama dengan komunitas TBM adalah anak-anak yang berasal dari anak pedagang kaki lima, depan Pasar Ciputat, dan masyarakat sekitar. “Sasaran PKM yang bertempat di TBM Kolong Jembatan Ciputat ini adalah anak–anak tingkat TK, SD dan SMP”, imbuh Umi Hani, selaku ketua PKM tersebut.

 

Di dampingi Sekprodi Sasing, Tim PKM memberikan pengarahan berupa cerita-cerita yang bersumber dari buku cerita anak yang menceritakan masalah kebersihan dan kesehatan yang ada di sekitar mereka.

 

Umi Hani, selaku ketua tim PKM menegaskan bahwa kegiatan PKM ini bisa menjadi sarana bagi anak-anak untuk menirukan berbagai kegiatan peduli kesehatan yang bisa mereka terapkan di rumah, di sekolah, dan di lingkungan bermain. Dia pun menjelaskan bahwa ada dua prosedur yang digunakan, yaitu; teknik bercerita melalui bacaan dan penggunaan puppet dimana isi cerita dan penyampaian cerita mengenalkan pola hidup sehat dari kebiasaan makan dan gaya hidup sehat.

 

Pembacaan cerita oleh mahasiswa dari beberapa buku cerita anak mengenai kebersihan dan kesehatan di dalam rumah.

 

Menurut tim, mengajarkan kepedulian hidup sehat pada anak – anak membutuhkan strategi terencana agar membuat mereka tertarik, termotivasi untuk belajar, dan mau mendengarkan. Salah satu cara agar perhatian mereka terpusat pada pembelajaran adalah penggunaan alat atau media. Penggunaan puppet menjadi salah satu cara yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan PKM di TBM kolong jembatan Ciputat. Dalam pelaksanaan kegiatannya, tim membagi siswa menjadi kelompok, mengenalkan cerita, membacakan cerita atau mendongeng, mempraktekan cerita menggunakan puppet, dan memberikan model kepada siswa; contoh bagaimana cuci tangan yang baik/ contoh lain yang berhubungan dengan tema kepedulian terhadap kesehatan.

 

Pertunjukkan hand puppet, rolled puppet, dan mini stage yang berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan.

 

Anak-anak merespon pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan kesehatan dengan jawaban yang berbeda-beda.

 

Peserta PKM menceritakan kembali kegiatan dan kebiasaaan mereka mengenai kebersihan dan kesehatan di rumah, di sekolah, atau lingkungan bermain.

 

Setelah melakukan kegiatan PKM mengenai kesadaran akan kebersihan dan kesehatan melalui teknik bercerita dan penggunaan puppet ini, tim berharap bahwa penyuluhan dan proses pembelajaran yang dilakukan di TBM Kolong, Ciputat Tangerang Selatan dapat memberikan pengaruh yang baik kepada anak-anak pada khususnya dan orangtua pada umumnya.

Sumber: sasing.unpam.ac.id