KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Pengabdian Kepada Masyarakat “Bagaimana Menjadi Generasi Milenial yang Kreatif dan Mandiri di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan”

Tangerang Selatan, 4-6 September 2019, Universitas Pamulang Prodi Manajemen melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan mengusung tema “Bagaimana Menjadi Generasi Milenial yang Kreatif dan Mandiri di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan”, bertempat di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan Jl.Mushola Nurul Huda Pondok Aren, Tengerang Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama beberapa orang Dosen dan melibatkan beberapa orang Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang; dengan susunan Team PKM sebagai berikut: Derizka Inva Jaswita, S.Ikom, M.M sebagai Ketua Pengabdi dan empat orang anggota pengabdi: Hailidia Maharani, S.Sos, M.M, Rahmayanti Tumanggor, S.Ag, M.M, Lia Asmalah, S.Pd, M.M, dan Agus Sulaiman, S.E, M.M. Sedangkan yang menjadi peserta kegiatan PKM ini adalah para siswa SMK Negeri 2 Tangerang Selatan kelas XI berjumlah 39 siswa.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan metode yang komunikatif dan atraktif. Diawali dengan pemaparan materi yang bukan hanya menampilkan narasi dari pemateri tetapi juga menayangkan audio visual yang menarik minat para siswa. Kemudian diselingi dengan sesi tanya jawab mengenai  keingin tahuan para siswa mengenai tema yang disampaikan. Tidak hanya sampai disitu; suasana semakin mencair ketika para mahasiswa menampilkan ice breaking motivasi dan  games yang menarik, lalu diberikan hadiah bagi para siswa yang bisa mengikuti dan menjawab.

 

Tujuan diadakannya kegiatan ini sangatlah mengena mengingat situasi dan  kondisi generasi milenial yang sekarang ini sangat terkait dengan perkembangan dan kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin canggih dan pesat ;  hal ini menuntut bagaimana agar generasi muda khususnya para siswa sekolah sebagai salah satu ikon generasi milenial  dapat menunjukkan kemampuan dan keahlian mereka dalam bidang ilmu dan keterampilan serta dapat mengambangkannya secara kreatif dan inovatif sehingga dapat menjadi generasi yang mandiri dan berkemajuan.

Siswa sebagai bagian dari anggota masayarakat, secara pribadi tidak bisa  menghindarkan diri dari masalah interaksi dengan orang lain. Siswa harus dikondisikan agar mempunyai jiwa mandiri dan diarahkan untuk kreatif dalam kegiatan belajar mengajar; oleh karena itu diharapkan para siswa untuk bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan- perubahan  dengan memaksimalkan kegiatan- kegiatan pelatihan sebagai upaya siap menghadapi perubahan- perubahan di era globalisasi dan era digital ini.

 

Dengan adanya danya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu mengarahkan para siswa sebagai bagian dari generasi milenial, selain untuk menambah wawasan mereka agar menjadi generasi milenial yang sesuai dengan cita-cita sebagai penerus bangsa di masa depan, juga membantu mereka menemukan solusi terbaik untuk bagaimana dapat mempersiapkan diri menjadi generasi milenial yang dapat mengahadapi tantangan yang semakin kompetitif di era globalisasi dan era digital ini.

                                                                                                                                       

Sesuai dengan harapan dari kami sebagai salah satu bagian dari pendidik dan pembimbing generasi muda; belum cukup rasanya hanya sampai disini tugas yang harus kami jalankan. Masih banyak tugas dan tanggung jawab yang menanti ke depan yang erat kaitannya dalam mendidik dan menciptakan generasi penerus bangsa ini yang nantinya mampu  bersaing di era globalisasi dan menuju era digital 4.0 yang kreatif, inovatif dan mandiri.

Semoga dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dapat menjadi salah satu sarana dan wadah yang positif dan bermanfaat serta saling bersinergi antara kami civitas akademika (Dosen dan Mahasiswa) dengan masayarakat sekitar, yang salah satunya diwakili oleh para siswa di sekolah. Cakupan kegiatan PKM ini akan kami lanjutkan ke depannya; yang menjadi sasarannya bukan hanya siswa namun juga para pendidik di sekolah yakni Guru-guru sebagai Sumber daya Manusia yang juga berperan aktif dan memiliki tanggung jawab yang sama dalam menciptakan generasi muda yang yang kreatif, inovatif dan mandiri.

Penulis : Rahmayanti Tumanggor