KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Motivasi Belajar Untuk Siswa : Jaga Sikapmu, Semangatmu Untuk Meraih Prestasi Dimasa Yang Akan Datang

Kata motivasi berasal dari kata “motif”, yang berarti alasan melakukan sesuatu, sebuah kekuatan yang menyebabkan seseorang bergerak melakukan suatu kegiatan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Depdikbud, 1996:593) motivasi didefinisikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.Sondang P. Siagian (2004:138), memberikan definisi motivasi sebagai daya dorong yang mengakibatkan seseorang mau dan rela untuk mengerahkan kemampuan, tenaga dan waktunya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Melakukan kegiatan yang sama secara terus-menerus tentu akan menimbulkan rasa bosan yang berlebihan, hal ini tentu dapat menurunkan semangat belajar para siswa. Apabila siswa sudah merasa bosan tentu akan mengakibatkan terganggunya proses belajar mengajar. Disinilah Anda sebagai guru harus bertindak, berikanlah variasi belajar sehingga para siswa bisa tetap termotivasi dan konsentrasi dalam belajar. Sesekali Anda bisa mencoba metode belajar yang berbeda seperti membuat pembagian peran, studi kasus, simulasi, debat, transfer pengetahuan secara singkat, diskusi, presentasi dengan audio-visual dan kerja kelompok kecil. . Kami selaku dosen dari S1 Manajemen Universitas Pamulang memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dengan memberikan ilmu pengetahuan yang kami miliki dengan berbagi melalui penyuluhan atau pemaparan kepada pihak siswa dan pihak sekolah.

 

Karena itu pada hari Selasa tanggal  3 September  2019 kami mengadakan pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema Motivasi Belajajr Untuk Siswa : Jaga sikapmu, semangatmu untuk meraih prestasi dimasa yang akan datang yang diadakan di SMKN 2 Tangerang Selatan, Jl. Mushola Nurul Huda Pamulang Tangerang Selatan.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh perwakilan siswa siswi dari SMKN 2 Tangerang Selatan, Kegiatan PKM disambut baik oleh Bapak Drs. H. Ambiar, M.Pd selaku kepala sekolah SMKN 2 Tangerang Selatan. Sedangkan dari Universitas Pamulang dihadiri oleh beberapa dosen manajemen diantaranya Rima Handayani, S.E, M.Si, CHRA, Amthy Suraya, S.E, M.M, Veritia, S.E, M.M, CHRA, Rahmi Hernawati, S.Pd, M.M, CHRA, Eni Puji Astuti, SE, M.M juga oleh mahasiswa manajemen Hani Agustiani, Nabila Hanifah Ramadhani dan Arum Puspitasari.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh Ibu Rahmi Hernawati, S.Pd, M.M, CHRA dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama kali disampaikan Bapak Santoso, S.Pd M.Pd selaku Wakil kepala sekolah bidang kurikulum yang mewakili Kepala sekolah SMKN 2 Tangsel , kemudian dilanjutkan Ibu Rima Handayani, S.E, M.Si, CHRA selaku Ketua Tim PKM.

Dilanjutkan Ibu Veritia, S.E, M.M, CHRA menyampaikan materi motivasi belajajr untuk siswa : jaga sikapmu, semangatmu untuk meraih prestasi dimasa yang akan datang. Belajar adalah aktivitas yang merupakan hal yang utama harus dilakukan oleh setiap siswa dan siswi di sekolah, sebuah prestasi dimulai dari menjaga semangat belajar yang terus menerus harus ada didalam diri siswa. Masalah- masalah internal baik dari lingkungan keluarga atau lingkungan rumah menjadi kendala utama dalam menjaga kestabilan belajar siswa. Dalam hal ini peran orang tua dan guru menjadi point penting sebagai orang yang memberi dukungan tersebut. Motivasi  belajar bisa berasal dari diri sendiri ataupun orang lain, motivasi belajar yang tinggi akan dicapai ketika siswa menyadari betapa pentingnya nilai sebuah penghargaan, kebanggan, dan nilai kepercayaan diri. Hampir 75% siswa yang berprestasi mempunyai semangat dan daya juang yang tinggi untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang.

 

Usai pelatihan Dosen Manajemen UNPAM memberikan cinderamata yang diserahkan langsung oleh Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Ibu Rima Handayani, S.E, M.Si, CHRA kepada Ibu Nur Bayu Wijayaningsih S.Pd Kons Kabag Hubungan Industri mewakili Kepala Sekolah SMKN 2 Tangsel. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa membantu siswa dan siswi untuk memahami motivasi belajar untuk siswa, membuka cakrawala siswa dan siswa tentang dampak positif motivasi belajar untuk siswa, memberikan motivasi kepada siswa dan siswa untuk motivasi belajar siswa : jaga sikapmu, jaga semangatmu juga diharapkan ada kelanjutan dari kegiatan PKM ini dengan SKMN 2 Tangerang Selatan. (By: Amthy)