KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Penyuluhan Dan Pemanfaatan Aplikasi Eclipse Sebagai Platform Pembuatan Aplikasi Android Di Majelis Al-Hikmah Depok

Kewajiban dosen ialah Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Demikian di sampaikan Dosen pelaksana PKM Ichsan Ramdhani di lokasi kegiatan (30/6).

Ia juga berharap, kegiatan ini bisa menambah wawasan para peserta dalam memahami dan membuat aplikasi dengan menggunakan aplikasi eclipse.

Ichsan menyimpulkan, kegiatan ini secara umum sudah berjalan dengan lancar dan sukses, dari tahapan perencanaan kegiatan sampai tahapan Pembuatan aplikasi dengan menggunakan ecplise. “Jumlah anggaran yang terbatas dapat dikelola dengan cukup baik sehingga kegiatan tetap berlangsung secara lancer”. ucapnya

Zulfikar Mahasiswa pelaksana PKM menambahkan, Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 3 hari pada Hari Jumat-Minggu, Tanggal 28-30 Juni 2019 pukul 09:00-15:00 WIB bertempat di Majelis Talim Al-Hikmah Kel. Meruyung Kec. Limo Kota Depok Jawa Barat.

Ia juga menjelaskan, PKM ini mengusung tema “Penyuluhan Dan Pemanfaatan Aplikasi Eclipse Sebagai Platform Pembuatan Aplikasi Android“. Tema ini menitikberatkan pada pengembangan masyarakat dalam pembuatan aplikasi android dengan menggunakan aplikasi Eclipse.

Lebih lanjut ia mengatakan, Dalam pengabdian ini terdiri dari dua bagian yakni pelatihan pertama menyampaikan sebuah materi dari cara menginstal Aplikasi eclipse, menjelaskan apa saja pemanfaatan menggunakan Aplikasi eclipse sampai dengan cara penggunaannya. Pelatihan kedua yaitu praktek untuk memulai membuat aplikasi menggunakan ecplise yang dimana kami akan mencontohkan untuk membuat aplikasi tersebut dengan awal yang mudah terlebih dahulu.

Dalam kesempatan yang sama, Zulfikar menambahkan, Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakaan pada jam 09:00 WIB yang di hadiri oleh beberapa masyarakat dan pengelola atau pengurus majelis talim Al-hikmah. “Dalam acara ini materi yang disampaikan tentang Pemanfaatan Aplikasi Eclipse Sebagai Platform Pembuatan Aplikasi Android ”. Tuturnya

Sumber : visione.co.id