KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Gerakan Literasi Melalui Baca Tulis

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Pamulang melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertempat di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. PkM yang dilaksanakan pada tanggal 15, 16 dan 18 April 2019 ini mengangkat tema “Gerakan Literasi Melalui Baca Tulis” diikuti oleh pengurus OSIS sejumlah 20 Peserta Didik dari Program Keahlian Seni, Kesenian, Kecantikan dan Program Keahlian Teknologi Informasi & Komunikasi.

Gerakan literasi melalui baca tulis ini merupakan kegiatan yang berupaya bersinergi dengan program pemerintah yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk membiasakan dan memotivasi peserta didik untuk mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti serta memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Pernyataan tersebut dipaparkan kembali oleh Eti Hayati, M.Pd (Ketua PkM) bahwa kegiatan literasi harus dibudayakan, diciptakan dan dikondisikan oleh diri sendiri di rumah, oleh Guru di kelas dan oleh Sekolah sebagai program Sekolah. Selanjutnya, dipaparkan juga oleh Nurdiyana, S.Pd.,M.H (Wakil PkM) yaitu ada beberapa implementasi yaitu literasi media, literasi teknologi, dan literasi visual.

Kegiatan PkM ini bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, sehingga momentum ini yang mendasari pemilihan artikel dengan judul “Pemahaman Emansipasi Wanita (Studi Hermeneutika Makna Emansipasi Wanita dalam pemikiran R.A. Kartini pada Buhu Habis Gelap Terbitlah Terang”. Setelah membaca artikel jurnal kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan literasi menulis. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena menurut mereka ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi mereka untuk dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam menulis.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh Kepala SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan yaitu Bapak H. Abu Bakar, S.Pd.,M.M, hal ini dapat dibuktikan dalam sambutannya pada acara penutupan beliau sangat mengharapkan untuk kedepannya dilakukan kembali kegiatan semacam ini, untuk lebih mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Selain itu, pihak sekolah sangat terbuka apabila memang dari pihak kampus akan melakukan kegiatan lain yang akan dilakukan di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan guna meningkatkan mutu pendidikan yang ada disekolah tersebut.

Pada akhir acara, ketua PKM menyimpulkan bahwa gerakan literasi melalui baca tulis ini selain untuk membiasakan peserta didik dalam membaca dan menulis, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memotivasi peserta didik untuk lebih mengembangkan potensi mereka dalam menulis. Oleh karenanya gerakan literasi ini tidak hanya sekali saja namun bisa berlanjut dikemudian hari.

Penulis dan foto:
Eti Hayati, S.Pd, M.Pd
Nurdiyana, S.Pd, M.H

Sumber : ppkn.unpam.ac.id