KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2019

Wujudkan Tridarma, Dosen UNPAM Bentuk Tim PKM

NONSTOPNEWS.ID – Pengabdian kepada masyarakat, yang menjadi salah satu isi Tridarma Perguruan Tinggi, diwujudkan oleh para dosen Universitas Pamulang (UNPAM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Terbentuklah Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dalam memberikan pelatihan manajemen organisasi dan kewirausahaan.

Dipelopori oleh Ferdiansyah, sekaligus Ketua PKM menyatakan, pelatihan diberikan kepada pengurusan Karang Taruna Pondok Cabe Udik, Pamulang yang baru terbentuk, agar wadah kepemudaan tersebut terampil, dalam berorganisasi, terlebih dalam membentuk usaha-usaha kecil, guna membantu perekonomian masyarakat.

“Tim PKM ini adalah inisiasi para dosen. Bagi dosen, ada Tridarma Perguruan Tinggi. Isinya pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Ferdiansyah lewat pesan whatsappnya, Minggu (24/02/2019).

Ferdiansyah menambahkan, pelatihan manajemen organisasi dan kewirausahaan tersebut akan terbuka tidak hanya kepada Karang Taruna, tapi juga nanti akan ke masyarakat.

“Karena hal ini menjadi tugas dari dosen dalam hal melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” imbuhnya.

“Saat ini, kami Tim PKM memberikan pelatihan kepada Karang Taruna bentukan baru, Karang Taruna Pondok Cabe Udik. Agar wadah pemuda ini, dapat berorganisasi yang baik, membangun karakteristik wirausaha, dalam mengembangkan usaha-usaha kepemudaan, dan kemasyarakatan,” tambahnya.

Lebih lanjut Ferdiansyah menuturkan, selain memberikan pelatihan berorganisasi dan kewirausahaan kepada Karang Taruna Pondok Cabe Udik, pihaknya akan melebarkan pelatihan tersebut, kepada Karang Taruna-Karang Taruna yang lain, bahkan lebih luas kepada masyarakat Tangsel.

“Misi dalam pelatihan ini adalah, agar dapat membentuk pemahaman mengenai bagaimana organisasi Karang Taruna dapat dijalankan dengan baik dengan bantuan semua pihak. Baik pengurus maupun anggota, dan juga agar dapat menjadikan Karang Taruna Pondok Cabe Udik, mandiri dalam hal pendanaan untuk operasional organisasi,” kata Ferdi.

Di lokasi yang sama Ketua Karang Taruna Pondok Cabe Udik, Bachrudin Wijaya menyatakan apresiasinya kepada inisiatif para dosen tersebut.

“Rasa bangga dan ucapan terimakasih saya sampikan setibggi-tingginya kepada Dosen UNPAM yang bersedia berbagi ilmu kepada teman-teman karang taruna”, ungkap Bachruddin Wijaya Selaku Ketua Karang Taruna kelurahan Pondok Cabe Udik.

Tim PKM yang berjumlah 12 orang yang terdiri atas 10 dosen dan 2 mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unpam tersebut antara lain, Ferdiansyah, Wiyanto, Andri Priadi, Angga Juanda, Muhammad Gandung, Masran Mustakin, Agung Tri Putranto, Nurismalatri, Moh. Khoiri, Siti Aesah, serta kedua mahasiswa yakni Amirul Shidiq, dan Muhammad Furqon. (ak) 

Sumber : nonstopnews.id