KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2018

Mahasiswa UNPAM Buatkan Sistem Kontrol Automasi PJU di Pamulang Regency

Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro, yang kini duduk di semester 5 mengaplikasikan pengetahuannya kepada masyarakat dengan membuat Sistem Kontrol Automasi terhadap penerangan jalan umum di Kawasan Perumahan Pamulang Regency, Pamulang Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Nur Kahfi Irwansyah selaku Dosen pembimbing menjelaskan, ini merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang menjadi salah satu program unggulan UNPAM. Setiap mahasiswa semester 5 dituntut untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), tak lain dengan tujuan mengaplikasikan atas semua materi yang sudah diberikan oleh pihak UNPAM.

“Kita membuat Sistem Kontrol Automasi, dimana sistem ini akan berfungsi mematikan dan menyalahkan lampu secara otomatis, sehingga tidak ada kw kwhatiran lagi kepada masyarakat saat menyalahkan dan mematikan lampu disaat cuaca tidak mendukung,” jelas Nur Kahfi, Minggu (14/10/2018).

Di tempat yang sama, Fauzan salah satu mahasiswa Unpam semester 5, saat diwawancarai menjelaskan, ia dan rekannya memilih tema tersebut berangkat dari melihat dan memperhatikan khususnya penerangan jalan, masih banyaknya masyarakat yang menghidup dan mematikan lampu dengan manual atau lebih dikenal menggunakan saklar atau NSB yang sangat berbahaya bagi masyarakat ketika cuaca tidak mendukung seperti hujan, banjir dan lainnya.

“Nah, oleh karena itu, kami membuat Kontrol Automasi dengan menggunakan sistem taimer. Jadi nantinya, ketika matahari sudah mulai redup sekitar jam 5 sore lampu akan mulai aktif atau menyalah dan lampu tersebut redup atau mati kembali ketika pukul 6 .00 WIB pagi,” jelas Fauzan.

Namun walaupun demikian, Lanjut Fauzan, ia dan rekanya juga membuatkan sistem manual dalam kontrol automasi tersebut. Hal itu untuk mengantisipasi jika ada permasalahan dalam sisten tersebut, sehingga untuk sementara masyarakat setempat dapat menyalahkan dan mematikan lampu.

“Untuk saat ini kami membuat dua titik terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai percontohan bagi masyarakat, dan kami berharap kepada masyarakat agar menjaga, merawat alat ini dan jika ada kerusakan atau kendala atau masyarakat ada pemikiran baru untuk mengembangkan inovasi ini, masyarakat bisa langsung konfirmasi kepada kami dan kami siap untuk membantu,” tambahnya.

Sementara, Marfin selaku tokoh masyarakat setempat menilai kegiatan mahasiswa Unpam tersebut sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat. “Kalau bisa jangan cuma sampai disini tapi dirutinkan, 3 bulan sekali atau 4 bulan sekali, setelah ini di evaluasi lagi harus bagaimana-bagaimananya, harapnya ditambah lagi, jangan hanya dua lampu saja,” harapnya.

Senada dikatakan Adi yang juga warga perumahan Pamulang Regency, ia mengatakan menurutnya mahasiswa Unpam untuk aplikasi dimasyarakat cukup baik, dengan ini kita masyarakat tidka perlu lagi menyalakan lampu dengan manual. “Dan tadi mereka juga melakukan penyuluhan cara kerjanya bagaimana, dan harapannya sih ini dapat dikembangkan ke masyarakat lainnya, karena ini fungsinya bagus juga,” tukasnya.(Ban)

Sumber : tangerangonline.id