KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2018

PKM Prodi Teknik Industri UNPAM Menggelar Penyuluhan Teknologi Nano di Kelurahan Mauk Timur

PAMULANG – Tak henti menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Kali ini, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) menggelar penyuluhan teknologi nano, kepada masyarakat Kelurahan Mauk Timur, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Teknologi nano merupakan pemurni air siap minum. Teknologi yang dapat menghilangkan segala jenis kuman, bakteri, virus serta mampu memperbaiki kualitas fisika maupun kimia air. Seperti pencemaran pestisida, warna, bau, keruh, zat besi hingga polutan lainnya.

“Ini sudah kali ketiga kami menggelar kegiatan PKM di Mauk Timur. Kami melihat kekayaan air yang tidak terhingga namun sedikit kurang terjaga kesehatan. Maka, kami memberikan penyuluhan terkait teknologi nano. Agar pemanfaat dan penggunaan air di Mauk jauh lebih baik,” ungkap Sri Utami Ningsih, Koordinator PKM Prodi Teknik Industri Unpam, Kamis (7/6).

Ia pun menjelaskan, jika kondisi air sudah lebih bersih, warga Mauk akan melakukan aktivitas sehari-hari jauh lebih sehat. Segala kegiatan rutin akan dijalani dengan lebih semangat karena tubuh jauh lebih sehat. Teknologi nano sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi warga Mauk dengan berbagai kondisi lingkungannya.

Selain filter air siap minum, PKM Prodi Teknik Industri Unpam juga menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis. Mulai dari pemeriksaan gula darah hingga tekanan darah oleh mahasiswa STIKES Widya Dharma Husada, Unpam.

“Bapak-bapaknya fokus dengan penyuluhan filter air siap minum dengan teknologi nano. Ibu-ibunya melakukan pengecekan kesehatan dispot yang kami sediakan. Hari itu penuh kebersamaan, semoga ini berkelanjutan hingga wilayah Mauk bisa jauh lebih berkembang dalam segi apa pun,” jelas Sri.

Sementara itu, Zainal Abidin, Lurah Mauk Timur menuturkan rasa terimakasihnya kepada dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Industri Unpam. Dimana sebelumnya, Mauk dikembangkan terkait pengolahan sampah, pengembangan nilai ekonomi melalui UKM hingga kali ini filter air siap minum dengan teknologi nano.

“Kami masih terus membutuhkan bimbingan jajaran Unpam. Setelah hari ini penyuluhan, kedepannya mungkin kami masih membutuhkan bimbingan dan arahan hingga warga Mauk bisa jauh lebih mandiri. Semoga dengan kerjasama ini Unpam dan Mauk jauh lebih maju dan sukses,” tutupnya.(bun)

Sumber : tangerangekspres.co.id