KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2018

Pendidikan Ekonomi Mengabdi “Classroom English for Teachers”

Pamulang- Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang kembali menunjukan kepeduliannya pada masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan adanya Pelatihan Bahasa Inggris oleh para Dosen Pendidikan Ekonomi kepada guru-guru di SMK Islamiyah Serua, Depok, Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 29 April 2018. Tema utama dalam pelatihan ini ialah “Classroom English for Teachers” yang diikuti oleh 25 guru (Non English teachers) di SMK Islamiyah Serua.

Latar belakang pelatihan ini didasari oleh pentingnya peran bahasa Inggris di era milenial seperti sekarang. Bahasa Inggris menjadi kebutuhan pokok para guru dalam menginternalisasi referensi dan literasi asing dalam rangka menambah Ilmu pengetahuan yang akan disampaikan kepada peserta didik yang notabenya adalah generasi penerus bangsa. Selain itu guru juga dapat membiasakan siswa masuk dalam lingkungan percakapan bahasa Inggris, sehingga peserta didik akan terbiasa dan mahir dalam menggunakan bahasa Inggris.

Ketua pelaksana Saptina Retnawati, M.Pd mengatakan bahawa “Kemampuan menggunakan bahasa asing bisa diperoleh dari learning (proses belajar) dan acquisition (perolehan). Keduanya bisa didapat dari lingkungan sekitar, dengan terlibat langsung dalam komunitas yang menggunakan bahasa tersebut. Sehingga tujuan dari PKM ini  adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan rasa percaya diri guru dalam menggunakan bahasa Inggris di kelas, khususnya guru-guru di SMK Islamiyah Serua.”

Acara ini diisi dengan presentasi dan pelatihan dari beberapa trainner yang merupakan Dosen Universitas Pamulang. Tidak hanya itu, selain peningkatan pemahaman bahasa Inggris, peserta pelatihan juga diajak untuk bermain games dalam meningkatkan rasa percaya diri menggunakan bahasa Inggris. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi acara yang berlangsung.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Bapak Murtado, M.M selaku kepala sekolah SMK Islamiyah Serua “Kami memberikan apresiasi kepada tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemapuan mengajar guru, khususnya terkait penggunaan bahasa Inggris di kelas.” Ia berharap kegiatan seperti pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan, dapat terus berlanjut dengan tema-tema lain. Lanjutnya.

Kita tunggu pengabdian-pengabdian lain dari para Dosen Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang kedepannya.

Sumber : peko.unpam.ac.id