KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2018

Dosen FKIP UNPAM Adakan Pengabdian di Dusun Karang Jaya – Karawang

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Karang Jaya, Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang  pada tanggal 28-30 Januari 2018.

 

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Dr. Amin K. Elfachmi, S.Pd, S.E, M.M mengatakan “PKM kali ini adalah PKM yang luar biasa dan PKM yang besar, karena PKM ini melibatkan banyak stakeholder termasuk tokoh agama, pihak kepolisian, praktisi pendidikan, mahasiswa dan lingkungan masyarakat yang akan terlibat dalam pelaksanaanya, maka dari itu sukseskan acara dengan sebaik-baiknya, totalitas dan selalu solid melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan”.

PKM ini berisi tiga rangkaian kegiatan, pertama ialah program bantuan kepada Taman Pendidikan Alqur’an (TPA), bantuan perlengkapan musholla dan renovasi rumah ustadz. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan pembagian sembako kepada 100 (seratus) keluarga ekonomi menengah ke bawah berupa beras 5 kg, minyak goreng, mie instant dan pembagian tas sekolah berserta isinya (buku tulis, pensil, pulpen, serutan) kepada 115 anak usia sekolah. Selain itu penyerahan sumbangan mushaf Alquran (60 buah), buku iqra’ (100 buah), dan buku-buku bacaan lainnya dalam jumlah yang tidak sedikit. Kemudian penyerahan pakaian layak pakai berupa baju, celana, kerudung dan lain-lain baik untuk  dewasa maupun anak-anak serta pembuatan papan nama untuk Taman Pendidikan Alquran, Musholla dan penyerahan 5 (lima) buah jam dinding. Kegiatan pertama ini diketuai oleh Lollong Manting, S.S, M.M.

 

Kegiatan kedua ialah penyuluhan narkoba dengan tema “Peran Serta Masyarakat dalam Mencegah Remaja Mengkonsumsi Narkotika”. Tujuan penyuluhan ini tidak lain agar lapisan masyarakat menjadi penggerak dalam memberantas narkoba yang dapat membahayakan dan mengancam generasi penerus. Penyuluhan ini dilaksanakan di Musholla Dusun Karang Jaya yang bekerjasama dengan Polres Karawang. Kegiatan ini diketuai oleh Amrizal, S.Hum, M.Si., (Dosen UNPAM dan ahli Kriminolog)

Kegiatan ketiga bertemakan “Peningkatan Motivasi Belajar dan Rasa Percaya Diri Anak-anak Yatim dan Kurang Mampu” yang diketuai oleh Amanuddin, S.Pd, M.M,. Penyuluhan motivasi dilaksanakan di Musholla Dusun Karang jaya dengan pembicara Amanuddin, S.Pd, M.M yang memberikan motivasi dengan luar biasa sehingga anak-anak sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan tersebut. Tujuan kegiatan ini ialah meningkatkan semangat belajar dan rasa percaya diri kepada anak-anak. “Kalian adalah orang-orang hebat, dan saya percaya suatu saat nanti kalian akan menjadi orang besar” ujar Amanuddin dalam sela-sela motivasinya.

“Saya sungguh mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dari Universitas Pamulang ini, karena banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, semoga apa yang menjadi niat baik Prodi Pendidikan Ekonomi dan Prodi PKn membawa perubahan yang besar bagi kami semua. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih untuk semua yang terlibat dalam kegiatan ini”. Ujar bapak Ustadz Dusun Karang Jaya.

PKM ini mendapatkan respon luar biasa dari masyarakat, tokoh agama, serta pejabat pemerintah setempat. Semoga PKM selanjutnya lebih baik dengan berbagai inovasi kegiatan lain.

Sumber : peko.unpam.ac.id