KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2018

D3 Akuntansi UNPAM Miliki Desa Binaan

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) saat ini memiliki 3 Desa Binaan. Salah satunya adalah Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan. Bentuk pembinaan desanya adalah rencana pengelolaan Bank Sampah, pelatihan akuntansi bagi aparat desa, pelatihan wirausaha, serta pembinaan-pembinaan lainnya.

Dalam acara penandatanganan MoU desa binaan belum lama ini, Kepala Desa Giriwaringin, Andi mengaku sangat bersyukur karena Prodi D3 Akuntansi telah mau membina desanya. Menurutnya, banyak hal yang perlu dikonsultasikan dengan D3 Unpam. Diantarannya adalah mengenai sistem akuntansi desa, manajemen dan akuntansi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), serta maksimalisasi potensi sumber daya desa untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

“Saya sangat berterimakasih kepada Ibu Iin selaku Kaprodi D3 Akuntansi Unpam beserta rombongan yang telah mau usrak-asruk (blusukan) ke desa kami. Semoga Allah membalas kebaikan Ibu, serta Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu dosen Unpam sekalian,”ucapnya.

Sementara, Kaprodi D3 Akuntansi, Iin Rosini, SE, M.Si mengatakan, program desa binaan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berkelanjutan. Desa yang menjadi binaan, akan mendapatkan pembinaan berupa pelatihan dan pembimbingan rutin mengenai pengembangan sumber daya manusia maupun potensi desa.

“Kami sedang mengembangkan sistem Bank Sampah, mudah-mudahan di Giriwaringin ini bisa juga diterapkan. Ke depannya, kami akan secara rutin datang ke Giriwaringin untuk terus membantu masyarakat desa,”ucapnya.(*)

Sumber : akuntansid3.unpam.ac.id