KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2018

Mahasiswa UNPAM Terangi Jalan Kecil Di Desa Cidokom

Tangerang Selatan  (WB)-Mahasiswa semester 5, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memasang sejumlah lampu penerangan jalan dibeberapa Gang masuk kedalam perkampungan di Wilayah Desa Cidokom, Rt/Rw, Parung, Kabupaten Bogor.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mahasiswa yang merupakan salah satu program unggulan Universitas Pamulang (Unpam) yang dijalankan setiap semester oleh mahasiswa Unpam FakultasTeknik Elektro.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk menginplementasikan ilmu pengetahuan mahasiswa yang didapat selama dalam belajar di Perguruan Tinggi dan sekaligus sebagai bentuk kepeduli kepada masyarakat, terutama dibidang kelistrikan,” jelas Luki Utomo, Ketua PKM Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro  Unpam, sekaligus Dosen Tehknik Elektro Di Universistas tersebut.

Disampaikan oleh Ketua Rt setempat Abdul Rosid saat ditemui dilokasi pemasangan lampu penerang, Ia membenarkan bahwa lingkungan tersebut sebelumnya memang gelap karena minimnya lampu penarang jalan.

“Iya, di lingkungan kita memang gelap dan minim lampu penerang jalan, dengan ada program dari mahasiswa Unpam  ini kami sangat terbantu dan bersyukur sekali dan kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada mahasiswa unpam yang telah peduli terhadap lingkungan, dan nanti saya akan memberitahukan kepada warga agar menjaga lampu tersebut seperti menyalahkan dan mematikannya, ” ucap Abdul Rosid Ketua Rt 04/Rw 01 Minggu (7/1/2017).

Di sampaikan oleh Luki, sebelum menentukan titik tempat memasangkan lampu, mahasiswa melakukan surve terlebih dahulu dimalam hari untuk melihat gang-gang mana saja yang belum ada lampu penerangan di suatu daerah tersebut dan memastikan juga dengan adanya keluhan keluhan warga setempat.

“Untuk diwilayah Cidokom  Rt 04/Rw 01ada 9 titik yang akan dipasangkan lampu penerang jalan dan Jenis lampu yang dipasangkan tergantung tingkat kegelapan lokasi tersebut, Ada 8 unit Lampu LED berukuran 45Watt, dan unit Lampu LED 50Watt, dikerjakan oleh 20 mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan pengabdian ini. Diharapkan dengan adanya lampu penerang jalan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan aktivitas masyarakat setempat dimalam hari bisa terbantu,” kata Luki.

Jujun, salah satu mahasiswa peserta salah satu peserta kegiatan, kepada wartawan mengungkapkan rasa senang dan puasnya terhadap apa yang telah dilakukan. Menurutnya, kegiatan seperti ini selain bermanfaat buat orang lain, juga ajang praktek kemampuan dalam mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari.

“Kegiatan seperti ini selain menyenangkan juga ada rasa kepuasan bathin ya, ini bukti dari apa yang kita telah pelajari, ilmu yang kita dapat kita implementasikan langsung, untuk kepentingan masyarakat,” tukasnya. ( har/yat).

Sumber :
wartabanten.id
tangerangonline.id