KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2017

Sebagai Bentuk Pengabdian, Fakultas Hukum UNPAM Giatkan Penyuluhan Narkoba Dan UU ITE

Pamulang, Beritatangsel.com– Sebagai bentuk komitmen pada pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, Fakultas Hukum, Universitas Pamulang (Unpam) sering giatkan kegiatan pengabdian ke masyarakat. Hal ini dipaparkan langsung oleh Edy Mulyanto, salah seorang dosen Fakultas Hukum disela kegiatan mengajarnya, Sabtu (18/11) sore.

Salah satu kegiatan yang dibuat Fakultas Hukum Unpam pada 28 Oktober lalu adalah penyuluhan tentang penanggulangan kasus narkoba dan penjabaran tentang Undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) kepada 3 Karang Taruna se- Kelurahan Ketapang, Cipondoh, Kota Tangerang.

“Kalo narkoba umum ya, kalo Soal UU No. 19 Tahun 2016 tentang ITE ini karena baru direvisi dan belum terlalu familiar, jadi kami perlu menjelaskan agar kedepan masyarakat bisa paham kebebasan berpendapat di dunia maya juga mempunyai aturan” Ucapnya.

Kegiatan yang melibatkan unsur dosen dan mahasiswa ini, lanjut Edy, kebetulan momennya bertepatan dengan bulan pemuda yang dicanangkan oleh Walikota Tangerang, jadi program penyuluhan kepada para pemuda ini dinilai pas. Adapun materi yang akan disampaikan kebanyakan adalah keinginan atau yang dibutuhkan dari pihak yang ingin diberikan penyuluhan dalam hal ini adalah masyarakat.

“Karena kita melakukan survey di tempat yang ingin kita datangi, terkadang materi itu mereka yang menginginkan, seperti kemarin di Ketapang itu, mereka mengeluhkan bahwa daerahnya sering dijadikan tempat transaksi narkoba. Nah, kami menyuguhkan materi tentang tata cara pelaporan kasus narkoba, kami jelaskan cara-cara pelaporan itu” paparnya.

Tentu program-program kami, masih kata Edy, selalu akan berkaitan dengan bidang keilmuan yang sejalan dengan fakultas kami, dalam hal ini adalah fakultas Hukum.

“Program-program pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan adalah program yang masih berkaitan dengan keilmuan kami. Tentu harapan dari kegiatan ini adalah, mahasiswa menjadi peduli terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, mahasiswa juga sebagai bagian dari masyarakat akademik bisa mengamalkan segala hal yang telah Ia pelajari untuk kemudian bisa mengaplikasikannya” pungkasnya. (Bal)

Sumber : beritatangsel.com